Mampukah Nissan Terra Tarung dengan Fortuner dan Pajero Sport?

Kompas.com - 18/07/2018, 10:24 WIB
New Nissan Terra. ISTIMEWANew Nissan Terra.

JAKARTA, KOMPAS.com – Secara keseluruhan pasar wholesales dalam negeri sedang bernasib bagus, dengan kenaikan 3,64 persen. Pada beberapa segmen sedang mengalami pertumbuhan, salah satunya segmen SUV medium.  

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia ( Gaikindo), semester pertama tahun ini ada kenaikan 10,04 persen dibanding 2017 lalu. Kemudian dari sisi kontsibusi juga mengalami kenaikan, dari 5,53 persen menjadi 5,86 persen (year on year).

Saat ini ada sekitar 15 model berebut pasar di kategori SUV medium ini, ada yang bisa menampung lima penumpang dan tujuh penumpang. Beberapa saat  lagi, ada pendatang baru Nissan Terra yang akan bertarung di segmen cukup padat ini.

Melihat klasemen sementara pada semester pertama tahun ini dan banyaknya kompetitor, Nissan Terra sekilas tampak harus bekerja cukup keras, untuk bertarung di segmen ini. Pasalnya ada banyak model yang sudah eksis lama, dengan posisi yang kuat di masyarakat.

Baca juga: Nissan Terra Siap Tarung Lawan Fortuner dan Pajero

New Nissan Terra.ISTIMEWA New Nissan Terra.

Sebut saja ada MU-X, Pajero Sport, dan Fortuner serta beberapa yang lainnya. Namun, bukan berarti Terra tak mampu untuk menyomot kue di kategori.

Hanya saja, kita tinggal melihat seberapa besar upaya dan optimisme Nissan Motor Indonesia untuk memasarkan di dalam negeri. Ketika menanyakan kepada Yutaka Sanada, Regional Senior Vice President, Head of Nissan Asia & Oceania Operation, dirnya percaya diri Terra mampu bersaing.

Dirinya menyebut, Terra punya bekal spesifikasi dan fitur-fitur canggih yang disematkan. Walaupun masih belum pasti, apakah semua fitur yang ada (seperti yang sudah meluncur di Filipina) akan dipasang untuk pasar Indonesia.

Berdasarkan data spesifikasinya, Terra mengadoposi mesin diesel YD25, yang mengeluarkan tenaga 190tk @3.600 rpm atau tertinggi di kelasnya, dengan torsi 450Nm @2.000 rpm.

New Nissan Terra.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI New Nissan Terra.

Menggunakan sasis ladder frame yang sudah diperkuat, memberikan ketangguhan mengemudi di medan off-road., dan dilengkapi dengan five-link coil spring rear suspension system, serta rigid rear-wheel axle.

Penantang Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner punya Nissan Intelligent Mobility, meliputi Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, dan Intelligent Around View Monitor dengan Moving Object Detection.

Bahkan, demi semakin bisa bertarung di pasar dan menarik untuk calon konsumen, Terra memiliki fitur pertama di kelasnya, yaitu Smart Rear View Mirror, yang memberikan pandangan tak terhalang bagi pengemudi melalui kamera yang dipasang di belakang.

Menarik untuk melihatnya bermain di segmen Medium SUV dalam negeri.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X