Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Jenis Kekentalan Oli yang Cocok untuk Vespa Modern

Kompas.com - 03/07/2018, 20:02 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

DEPOK, KOMPAS.com - Oli mesin punya tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Khusus untuk Vespa modern, hanya ada dua jenis kekentalan yang direkomendasikan bisa digunakan.

Kepala Mekanik Bengkel Resmi Vespa Margonda Depok, Abdul Rasyid menyebut dua jenis oli yang cocok untuk Vespa modern adalah SAE (Sociaty of Automotive Engineers) 5W-40 ataupun SAE 10W-40.

Menurut Abdul, pemilik bisa menggunakan oli dari merek apa saja. Sepanjang tingkat kekentalan sesuai dengan yang direkomendasikan.

Baca juga: Hitung Waktu Ganti Oli untuk Vespa di Kota Besar

"Jadi antara 5W-40 sama 10W-40 bedanya tidak terlau jauh. Jadi waktu kita di pelatihan, angkanya tidak terlalu masalah," kata Abdul saat ditemui Kompas.com, Jumat (29/6/2018).

Ilusrasi pemasangan lampu LED pada Vespa di Bengkel Scooter Layur.Ghulam/Otomania Ilusrasi pemasangan lampu LED pada Vespa di Bengkel Scooter Layur.

Pendapat serupa turut dilontarkan Manto, pemilik bengkel Scooter Layur, di Rawamangun, Jakarta Timur.

Menurut Manto, jika tingkat kekentalan oli yang dipakai lebih kental, maka kerja atau perputaran oli menjadi tidak maksimal ketika melumasi mesin.

Baca juga: Ragam Mitos Sesat Campuran Oli, dari Minyak Goreng Hingga Pisang

"Ibaratnya seperti darah saja, kalau kekentalan dokter juga pasti akan menyuruh untuk bisa lebih cair, begitu juga dengan pelumasan pada Vespa ini," ujar Manto saat ditemui beberapa waktu lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com