Dua Jenis Kekentalan Oli yang Cocok untuk Vespa Modern - Kompas.com

Dua Jenis Kekentalan Oli yang Cocok untuk Vespa Modern

Kompas.com - 03/07/2018, 20:02 WIB
Salah seorang mekanik sedang melayani perbaikan salah satu unit Vespa di bengkel resmi Vespa di Jalan Margonda, Depok, Jumat (29/6/2018).Kompas.com/Alsadad Rudi Salah seorang mekanik sedang melayani perbaikan salah satu unit Vespa di bengkel resmi Vespa di Jalan Margonda, Depok, Jumat (29/6/2018).

DEPOK, KOMPAS.com - Oli mesin punya tingkat kekentalan yang berbeda-beda. Khusus untuk Vespa modern, hanya ada dua jenis kekentalan yang direkomendasikan bisa digunakan.

Kepala Mekanik Bengkel Resmi Vespa Margonda Depok, Abdul Rasyid menyebut dua jenis oli yang cocok untuk Vespa modern adalah SAE (Sociaty of Automotive Engineers) 5W-40 ataupun SAE 10W-40.

Menurut Abdul, pemilik bisa menggunakan oli dari merek apa saja. Sepanjang tingkat kekentalan sesuai dengan yang direkomendasikan.

Baca juga: Hitung Waktu Ganti Oli untuk Vespa di Kota Besar

"Jadi antara 5W-40 sama 10W-40 bedanya tidak terlau jauh. Jadi waktu kita di pelatihan, angkanya tidak terlalu masalah," kata Abdul saat ditemui Kompas.com, Jumat (29/6/2018).

Ilusrasi pemasangan lampu LED pada Vespa di Bengkel Scooter Layur.Ghulam/Otomania Ilusrasi pemasangan lampu LED pada Vespa di Bengkel Scooter Layur.

Pendapat serupa turut dilontarkan Manto, pemilik bengkel Scooter Layur, di Rawamangun, Jakarta Timur.

Menurut Manto, jika tingkat kekentalan oli yang dipakai lebih kental, maka kerja atau perputaran oli menjadi tidak maksimal ketika melumasi mesin.


Baca juga: Ragam Mitos Sesat Campuran Oli, dari Minyak Goreng Hingga Pisang

"Ibaratnya seperti darah saja, kalau kekentalan dokter juga pasti akan menyuruh untuk bisa lebih cair, begitu juga dengan pelumasan pada Vespa ini," ujar Manto saat ditemui beberapa waktu lalu.

Komentar
Close Ads X