Kompas.com - 11/05/2018, 07:23 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas bisa menjadi alternatif buat masyarakat yang akan dipakai untuk pulang ke kampung halaman ketika Idul Fitri. Sebab, sudah pasti secara proses lebih cepat, ketimbang mobil baru.

Mengapa demikian? Karena meski membeli secara kredit dijelaskan Regional Manager Mobil88 area Jakarta Nurfitri Yanuarsyah, akan lebih cepat, sebab tidak perlu proses surat-surat ke polisi seperti mobil baru.

"Kalau mobil baru kan butuh registrasi surat-surat dan lain sebagainya sampai jadi STNK dan BPKB. Kalau kita kan sudah ada, cukup balik nama saja," ujar pria yang akrab disapa Arsyah kepada KOMPAS.com belum lama ini di Jakarta.

Menurut Arsyah, proses untuk konsumen yang membeli tunai bisa satu hari, sedangkan kredit dua hingga tiga hari kerja. Namun tergantung dari konsumennya itu sendiri.

Baca juga: Warna yang Digemari Pembeli Mobil Bekas

"Kalau kredit dokumen yang harus disiapkan juga harus lengkap, dan juga sebagai saran hindari uang muka kecil, karena pihak leasing akan sedikit mempertimbangkan kalau uang muka kecil," kata dia.

Ungkapan serupa juga pernah disampaikan Wawan Hendrawan, pemilik showroom Custom Motor di Mal MGK, Kemayoran, Jakarta Pusat. Menurut dia, konsumen yang membeli kredit disarankan untuk melengkapi dokumen seperti KTP, Kartu Keluarga, Slip Gaji, dan lain sebagainya.

"Kalau sudah lengkap, dua atau tiga hari juga sudah bisa menerima mobil yang dibelinya itu," kata Wawan beberapa waktu lalu kepada KOMPAS.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.