"Setuju Ojek Online Ditilang karena Gunakan Ponsel Saat Berkendara"

Kompas.com - 22/03/2018, 09:23 WIB

Jakarta, KOMPAS.com – Menggunakan ponsel saat berkendara yang kerap terlihat dilakukan ojek online di jalanan tidak sesuai prinsip safety riding. Berkendara butuh konsentrasi penuh sebab itu kegiatan yang mengurangi kadarnya jangan dilakukan.

Baca: Ingat Lagi Bahaya Mengemudi Sambil Main Ponsel

Dijelaskan Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), berkendara merupakan kegiatan multitasking. Pengemudi harus memilih kapan membuka gas, mengerem, melihat spion, ataupun memilah objek pandangan mata.

“Menggunakan ponsel sambil berbicara itu mengurangi 47 persen konsentrasi. Tapi kalau membaca peta di ponsel itu kira-kira 27 persen. Angka itu hasil riset di inggris,” kata Jusri, Rabu (21/3/2018).

Menggunakan ponsel saat berkendara bukan cuma bisa merugikan diri sendiri karena bisa kecelakaan tetapi orang lain. Misalnya, ojek online terlihat menunduk karena lihat ponsel saat berkendara kecepatan rendah di ruas jalan sebelah kanan. Hal itu memungkinkan pengguna jalan lain salah persepsi mengambil keputusan, ujung-ujungnya bisa kecelakaan juga.

Tilang

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra pada awal Maret lalu pernah mengatakan berkendara sambil menggunakan ponsel melanggar aturan. Bila polisi menemukannya di jalan maka akan dikenakan sanksi tilang.

“Saya setuju, buat keamanan. Tilang itu kan sebenarnya sudah ada landasannya, Undang-Undang 22 Nomor 2009 Pasal 106 Ayat 1,” kata Jusri.

“Ojek online itu kan mau cari makan. Sekarang bagaimana mencari makan kalau aspek keselamatan diabaikan. Semuanya harus dimulai dari keamanan dan keselamatan, biar cita-cita bawa pulang uang ke rumah bisa didapat,” ucap Jusri lagi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.