Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Ciri Keselamatan Berkendara di Negara Berkembang

Kompas.com - 23/02/2018, 13:42 WIB
Febri Ardani Saragih,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Jakarta, KOMPAS.com – Indonesia sebagai salah satu negara berkembang memiliki ciri yang sama soal keselamatan jalan raya. Menurut Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), cirinya adalah tingkat kesadaran yang rendah.

“Satu ciri khas dari negara berkembang adalah kesadaran tentang keselamatan jalan sangat rendah, karena orientasi mereka adalah hasil bukan proses,” kata Jusri, saat berbincang dengan KompasOtomotif, Kamis (22/2/2018).

Secara keseluruhan, negara-negara di Asia tertinggal soal itu dibanding negara di benua Eropa dan Amerika Serikat. Anggapan itu dikemukakan Jusri meskipun dikatakan ada negara maju di Asia seperti Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan.

Pengemudi kerap kali melanggar peruntukan bahu jalan di jalan tol.Febri Ardani/KompasOtomotif Pengemudi kerap kali melanggar peruntukan bahu jalan di jalan tol.

“Negara-negara di Asia orientasi keselamatan jalan masih terbatas di lingkungan kerja, misalnya pabrik yang tertutup dan terkontrol. Padahal di luar dengan ada berbagai macam kondisi dan itu tidak bisa dikontrol. Asia belum melihat ke sana,” ucap Jusri.

Sepeda motor bonceng dua orang, lawan arus, naik trotoar, serta mobil melintas di bahu jalan tol atau pedagang tahu bulat, merupakan wujud kesadaran yang rendah atas keselamatan jalan.

Baca: Legalitas Berdagang Tahu Bulat di Pikap Dipertanyakan

“Kita masih jauh, prilaku eksterm seperti itu dan akan lebih banyak lagi muncul yang berbahaya di lingkungan,” kata Jusri.

Kesadaran keselamatan jalan bukan hanya tugas pelaku lalu lintas tetapi semua yang terlibat. Mulai dari masyarakat sampai regulator.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com