Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Mobil yang Cocok Jadi Replika Porsche Klasik

Kompas.com - 26/01/2018, 16:53 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, Kompas.com - Porsche 356 merupakan sedan sport klasik yang menjadi idaman para penggemar mobil lawas, termasuk di Indonesia. Namun regulasi impor membuat penggemar mobil klasik sulit mendatangkan mobil dua pintu yang diproduksi dari tahun 1948 hingga 1965 tersebut.

Untuk menyiasatinya, membuat replika Porsche 356 menjadi pilihan. Seorang builder restorasi mobil lawas menyebut ada beberapa mobil yang cocok menjadi basis replika Porsche 356, yakni VW Beetle dan Subaru 360. Keduanya dinilai cocok menjadi replika karena posisi mesin ada di belakang, sama seperti halnya Porsche 356.

Baca juga : Replika Porsche Klasik Mulai Diminati

Builder tersebut menuturkan, replika mobil lawas yang sudah sulit dicari merupakan hal yang lumrah di luar negeri. Hal itu pula yang kini mulai diterapkan di Indonesia. Karena itu, acuan modifikasi juga mengacu yang sudah dilakukan di luar negeri.

Salah satu VW Beetle dua pintu milik seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir dalam acara di Kebun Raya Bogor, Minggu (22/1/2017).KompasOtomotif/Alsadad Rudi Salah satu VW Beetle dua pintu milik seorang anggota Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) yang hadir dalam acara di Kebun Raya Bogor, Minggu (22/1/2017).

Walaupun produk Jepang, penggunaan Subaru 360 sebagai basis replika Porsche 356 disebut justru banyak dilakukan di Amerika. Sedangkan para builder replika di Inggris banyak yang memilih menggunakan VW Beetle yang merupakan produk Jerman.

"Di luar negeri sudah banyak yang dibikin replika. Kalau di sini baru Porsche," ujar sumber yang meminta identitasnya dirahasiakan itu kepada Kompas.com, Kamis (25/1/2018).

 

Salah satu mobil lawas Subaru tipe 360Wikipedia Salah satu mobil lawas Subaru tipe 360

Menurut builder yang juga penggemar mobil lawas itu, mobil klasik yang dibuat replika biasanya adalah mobil yang bernilai mahal. Selain Porsche 356, mobil klasik lain yang sudah banyak dibuat replikanya di luar negeri adalah Mercedes Benz 300 Gullwing.

"Kalau masih murah tidak akan direplika. Kalau sudah mahal banget baru direplika," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com