Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Replika Porsche Klasik Mulai Diminati

Kompas.com - 26/01/2018, 08:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Jakarta, Kompas.com -Bagi pecinta mobil klasik, punya mobil impian tentu jadi kepuasan tersendiri. Salah satu mobil yang paling dicari oleh kolektor di Indonesia, adalah sedan sport dua pintu, Porsche 356.

Mobil ini diproduksi periode 1948-1965 dan jumlahnya di Indonesia, sangat langka. Sumber Kompas.com menyebutkan harga Porsche 356 kini mencapai 1,5 juta dollar AS atau setara sekitar Rp 19 miliar.

Akses impor dari Eropa juga tertutup, karena pemerintah Indonesia memang melarang impor mobil bekas apapun merek dan modelnya. "Impor oleh perorangan hanya boleh untuk mobil baru," ujar penggemar mobil klasik yang enggan disebutkan namanya itu, Kamis (25/1/2018).

Baca juga : Impor Mobkas Bikin Galau Pebisnis Otomotif

Salah satu replika Porsche 356 yang dipamerkan di Jogja Volkswagen Festival, November 2017Tribun Jateng/Dina Indriani Salah satu replika Porsche 356 yang dipamerkan di Jogja Volkswagen Festival, November 2017

Untuk menyiasati kondisi tersebut, banyak penggemar mobil klasik yang kini memesan replika Porsche 356 melalui bengkel restorasi mobil lawas. Basisnys menggunakan VW Beetle. Biaya pengerjaannya dibanderol Rp 900 juta.

Baca juga : Aceh Jadi Gerbang Importir Mobil Mewah Bekas

Seorang builder mobil lawas menyebut, VW Beetle digunakan karena posisi mesin ada di belakang. Sama seperti halnya Porsche 356. Body replika Porsche-nya sendiri dibuat dari serat fiber.

"Frame-nya dari VW Beetle yang dipendekin 27 centimeter," ujar sumber yang juga meminta identitasnya dirahasiakan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com