Toyota Siapkan Rp 180 T buat Baterai Mobil Listrik

Kompas.com - 22/12/2017, 15:02 WIB
Toyota Mirai GIIAS 2016 Stanly/OtomaniaToyota Mirai GIIAS 2016
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Raksasa otomotif asal Jepang Toyota Motor, mengumumkan kesiapannya untuk masuk ke era electric vehicle (EV) dengan rencana investasi 1,5 triliun yen Rp 179 triliun. Dana bakal digunakan untuk pengembangan dan produksi baterai EV pada 2030.

 Mereka juga disebut secara bertahap akan memulai untuk mengurangi model mobilnya, yang hanya mengadopsi pembakaran dalam pada 2025.

Lebih dari itu, investasi ini juga jawaban Toyota atas protes beberapa pihak di pasar utama seperti di China dan wilayah lainnya, yang gencar mendorong elektrifikasi karena masalah lingkungan. Sebagai salah satu produsen mobil teratas di dunia, Toyota sering kali dikritik karena tidak merespon tren mobil listrik dengan cepat.

"Kami berharap bisa menjadi pemimpin pasar di kendaraan listrik," ujar Wakil Presiden Perusahaan Shigeki Terashi mengutip Nikkei, Jumat (22/12/2017).

Baca juga : Serbuan Merek China Jadi Ancaman Bagi Toyota Indonesia

Toyota Prius Prime, kendaran Plug-In Hybrid terlaris dunia pada semester pertama 2017.carscoops Toyota Prius Prime, kendaran Plug-In Hybrid terlaris dunia pada semester pertama 2017.

Pada 2025, semua model yang dijual secara global oleh Toyota akan berupa kendaraan listrik, plug-in hybrid, hybrid, atau model konvensional yang memiliki versi elektrifikasi.

Toyota mulai meluncurkan kendaraan listrik dari 2020, dimulai dari China mendahului Jepang, India, Eropa dan Amerika Serikat. Toyota juga mengungkapkan rencana untuk meluncurkan lebih dari 10 model baru secara global, pada paruh pertama 2020.

Pekan lalu Toyota juga baru mengumumkan kerjasama mereka dengan produsen elektronik Panasonic, untuk menetapkan standar utama untuk baterai yang digunakan pada kendaraan listrik. Presiden Toyota Akio Toyoda menargetkan penjualan kendaraan listrik meningkat hampir empat kali lipat menjadi 5,5 juta unit, atau setengah dari total penjualan global pada 2030.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.