Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ganti Inflator "Airbag" Takata di Bengkel Toyota 3,5 Jam

Kompas.com - 22/12/2017, 07:42 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Beberapa model Toyota di Indonesia mengalami masalah inflator airbag Takata. Mobil yang bermasalah, seperti Corolla lansiran 2001 hingga 2012, Alphard 2010-2012, Camry 2002-2004, NAV1 2012, Vios 2006-2012, dan Yaris 2006-2012.

Namun, tidak semua produksi tahun itu mengalami masalah kantung udara. Toyota Astra Motor (TAM) akan menghubungi konsumen, apabila unit tersebut bermasalah, atau pemilik mobil juga bisa mengecek melalui situs resmi TAM.

Selain itu, bisa juga datang langsung ke masing-masing diler resmi Toyota yang tersebar di seluruh Indonesia. Selanjutnya, jika bermasalah bisa mengatur jadwal untuk melakukan perbaikan.

Lantas, berapa lama proses perbaikannya? "Hanya membutuhkan waktu sekitar 3,5 jam dan tanpa biaya," tulis TAM dalam data program special service campaign (SSC) yang diterima KompasOtomotif.

Baca juga: TAM Belum Pernah Terima Laporan Insiden "Airbag" Takata

General Manager Technical Service PT TAM Dadi Hendriadi, menjelaskan, sebenarnya tergantung dari model, untuk Camry atau Alphard bisa sampai 3,5 jam, tetapi model lain hanya satu jam.

"Kalau yang banyak komponen di balik dasbor itu jelas lebih lama," ucap Dadi kepada KompasOtomotif melalui pesan singkat, Kamis (21/12/2017) malam.

Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.Dimas Wahyu Bagian airbag mobil Toyota Astra Motor yang diganti dalam kampanye perbaikan dunia untuk produk Takata.

Bukan hanya itu, perangkat inflator airbag yang baru diklaim sudah tersedia di seluruh jaringan bengkel Toyota. Namun, lebih baik konsumen bersangkutan, melakukan pemesanan atau menentukan jadwal lebih awal.

"Kami akan terus melakukan tindakan yang diperlukan untuk memprioritaskan keselamatan dan kenyamanan pelanggan," tulis TAM lagi.

Unit yang bermasalah dari berbagai model itu mencapai 97.000. TAM berharap, pemilik mobil yang bersangkutan segera datang ke diler untuk memperbaikinya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com