BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Toyota Astra Motor

Mobil Sudah Modifikasi, Servis "Airbag" Takata di Toyota Masih Boleh?

Kompas.com - 19/12/2017, 10:02 WIB
Dimas Wahyu

Penulis

KOMPAS.com - Pecahan logam yang mungkin muncul saat airbag Takata bekerja memicu langkah antisipatif dari banyak pihak, termasuk Toyota Astra Motor di Indonesia.

Airbag yang terpasang di banyak merek mobil ini harus segera diganti.

Untuk memudahkannya, Toyota Astra Motor pun mengadakan program layanan gratis penggantian komponen airbag.

Halaman pengecekan pun disediakan untuk mengetahui apakah kendaraan perlu layanan ini, yakni toyota.astra.co.id/ssc.

Baca: Perlu Tahu, Takata Suplai Airbag Honda, Toyota, Mercy, sampai Ferrari

Lantas bagaimana jika mobil Toyota itu sudah dimodifikasi? Misalnya saja, bumper sudah diubah, atau bagian dasbor sudah ditambahi macam-macam.

“Untuk yang sudah modifikasi, ganti bumper tempat ada sensor, enggak berpengaruh. Asalkan airbag-nya masih berfungsi, asalkan tidak ada perubahan terkait airbag, silakan,” jawab Iwan Abdurahman, Workshop Department Head Technical Service Division Toyota Astra Motor.

Baca: Mau Ganti “Airbag” Takata di Bengkel Toyota? Begini Prosesnya...

Bahkan jika mobil sudah dijadikan kendaraan balap lalu dinormalkan lagi dan dipasangi airbag Takata bawaan, Iwan menuturkan bahwa program layanan penggantian ini bisa berlaku dan tetap gratis.

“Misalnya dia modifikasi untuk balap. Airbag dicopot. Ganti setir. Lalu misalnya dinormalkan lagi, airbag dipasang lagi, oh ini silakan,” kata Iwan.

Baca: Gratis Ganti “Airbag” Takata meski Mobil Ganti Pemilik? Ini Kata Toyota

Komponen airbag Takata yang diganti di sejumlah mobil Toyota Dimas Wahyu Komponen airbag Takata yang diganti di sejumlah mobil Toyota
Dalam prosesnya sendiri, Toyota berjibaku menghubungi mereka yang terdata menjadi pembeli atau pernah servis di bengkel-bengkel resmi Toyota.

Selanjutnya, pemakai Toyota akan diarahkan untuk mendatangi bengkel dan memperoleh layanan penggantian komponen airbag ini.

Baca: Belum Dihubungi Toyota untuk Ganti "Airbag" Takata? Ini Penjelasannya

Toyota Astra Motor meneruskan data Takata bahwa penggantian komponen airbag—yang kebanyakan terpasang bagi penumpang depan ini—berlaku untuk Alphard produksi tahun 2010-2012, NAV1 (2012), Camry (2002-2004), Corolla (2001-2012), Vios (2006-2012), dan Yaris (2006-2012).

Hingga kini, penggantian komponen airbag itu berlaku untuk 97.978 mobil Toyota. Jumlah tersebut melengkapi data sebelumnya yang sebesar 40.280 unit.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com