Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaatkan Rem Parkir, Jangan Terus Injak Kopling saat Macet

Kompas.com - 21/12/2017, 14:02 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Depok, KompasOtomotif - Kebanyakan pengguna mobil banyak yang mengeluhkan rusaknya kopling setiap penggunaan sehabis liburan. Rusaknya kopling dinilai akibat cara penggunaan yang salah saat mobil berada dalam kemacetan khas libur panjang.

Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Deni Andrian memberikan masukan agar kopling tidak cepat rusak. Walaupun digunakan untuk bepergian jauh saat liburan.

Menurut Deni, seringkali pengguna mobil manual malas untuk memindahkan tuas porsneling ke posisi netral seraya menekan rem tangan saat macet. Mereka lebih memilih tetap menginjak kopling. Padahal cara ini dinilai salah.

Baca juga : Begini Cara Memperpanjang Usia Kopling

Pengunaan rem tanganStanly/Otomania Pengunaan rem tangan

"Kalau gasnya ditekan separuh, kopling ditekan separuh, fungsi pengereman yang harusnya ada pada handgrip (rem tangan) jadi digantikan kopling. Jadi pengereman pakai kopling," kata Deni saat ditemui KompasOtomotif, Kamis (21/12/2017).

Deni mengatakan memindahkan tuas ke posisi netral sambil menekan rem tangan merupakan cara yang tepat saat menghadapi macet. Tujuannya tentu saja untuk mencegah kerusakan dini pada kopling.

"Kalau mau jalan lagi baru diinjak koplingnya, baru masuk gigi. Dan jangan kagok saat melepas handbrake," ucap Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com