Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemungkinan Toyota Voxy Bisa Dirakit Lokal Seperti NAV1

Kompas.com - 21/12/2017, 08:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Voxy merupakan pengganti NAV1 di pasar otomotif Indonesia. Mengenai status unit, masih impor utuh alias completely build-up (CBU) dari negara asalnya, Jepang.

Berbeda dengan NAV1 yang dirakit lokal di pabrik PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Namun, perakitannya sudah dihentikan sejak akhir 2016, dan diganti oleh Voxy.

Berbeda dengan NAV1, Voxy jauh lebih menarik perhatian masyarakat. Sejak pertama dikuncurkan Agustus 2017, sudah dipesan ribuan unit dan calon pembeli pun harus menunggu sampai tujuh bulan.

Baca juga: Produksi Lokal Toyota NAV1 Diberhentikan!

Melihat animo penjualan positif seperti itu, apakah punya kemungkinan MPV boxy itu dirakit lokal juga?

“Kemungkinan selalu ada. Kita sudah bicarakan itu, tetapi belum ada kelanjutannya lagi,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat berbincang dengan KompasOtomotif belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Warih, TMMIN harus melihat dulu apakah penjualan MPV medium dengan pintu geser itu konsisten seperti sekarang ini atau justru menurun. Apabila kondisinya terus seperti ini potensi dirakit lokal cukup besar.

Baca juga: Pengiriman Toyota Voxy ke Konsumen Dipercepat

“Karena kalau penjualannya sedikit buat apa kita harus rakit lagi di Indonesia. Impor saja sudah cukup, tetapi kita pelajari terus,” ujar Warih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com