Kemungkinan Toyota Voxy Bisa Dirakit Lokal Seperti NAV1

Kompas.com - 21/12/2017, 08:02 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Voxy merupakan pengganti NAV1 di pasar otomotif Indonesia. Mengenai status unit, masih impor utuh alias completely build-up (CBU) dari negara asalnya, Jepang.

Berbeda dengan NAV1 yang dirakit lokal di pabrik PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat. Namun, perakitannya sudah dihentikan sejak akhir 2016, dan diganti oleh Voxy.

Berbeda dengan NAV1, Voxy jauh lebih menarik perhatian masyarakat. Sejak pertama dikuncurkan Agustus 2017, sudah dipesan ribuan unit dan calon pembeli pun harus menunggu sampai tujuh bulan.

Baca juga: Produksi Lokal Toyota NAV1 Diberhentikan!

Melihat animo penjualan positif seperti itu, apakah punya kemungkinan MPV boxy itu dirakit lokal juga?

“Kemungkinan selalu ada. Kita sudah bicarakan itu, tetapi belum ada kelanjutannya lagi,” kata Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) saat berbincang dengan KompasOtomotif belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan.

Menurut Warih, TMMIN harus melihat dulu apakah penjualan MPV medium dengan pintu geser itu konsisten seperti sekarang ini atau justru menurun. Apabila kondisinya terus seperti ini potensi dirakit lokal cukup besar.

Baca juga: Pengiriman Toyota Voxy ke Konsumen Dipercepat

“Karena kalau penjualannya sedikit buat apa kita harus rakit lagi di Indonesia. Impor saja sudah cukup, tetapi kita pelajari terus,” ujar Warih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.