Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Produksi Lokal Toyota NAV1 Diberhentikan!

Kompas.com - 19/12/2016, 07:47 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Toyota NAV1 versi lokal alias completely knocked down (CKD) akhirnya menghembuskan napas terakhirnya di Indonesia. Dari sumber KompasOtomotif, seremoni penutupan produksi model MPV boxy yang dirakit oleh PT Sugity Creatives di Cibitung, Bekasi, Jawa Barat diselenggarakan pada Jumat (16/12/2016).

Saat dikonfirmasi, Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengiyakan informasi tersebut. Namun, bukan berarti NAV1 tidak dipasarkan lagi di Indonesia.

“Benar sudah tutup produksinya. Nantinya NAV1 akan beralih statusnya menjadi completely built up (CBU),” ujar Warih kepada KompasOtomotif, Jumat (16/12/2016).   

Warih melanjutkan, model serupa yang nantinya akan diimpor ke Indonesia kemungkinan kembaran dari NAV1, Toyota Voxy. “Tetapi, itu tergantung dari pihak Toyota Astra Motor (TAM). Bisa langsung konfirmasi kepada pihak TAM,” ucap Warih.

Sebagai perwakilan pihak TAM, Fransiscus Soerjopranoto Executive General Manager Marketing TAM menjawab normatif, di mana hal tersebut masih dalam diskusi. Sehingga belum ada kepastian apakah Noah atau Voxy yang akan dihadirkan.

"Nantinya memang akan CBU statusnya, dan masih ada dua kemungkinan, apakah diimpor dari Jepang atau Thailand, masih belum pasti. Akan kita informasikan lagi tahun depan," ujar Soerjopranoto kepada KompasOtomotif.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan NAV1 sepanjang sepuluh bulan di 2016 (Januari-Oktober), mencapai 423 unit. Jika dirata-rata, performanya per bulan, cuma 42 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com