Nissan Note e-Power Bukan Kendaraan "Zero Emission"

Kompas.com - 14/11/2017, 07:42 WIB
Nissan Note e-Power menggunakan mesin 1.2L dan motor listrik serta inverter. Febri Ardani/KompasOtomotifNissan Note e-Power menggunakan mesin 1.2L dan motor listrik serta inverter.
|
EditorAgung Kurniawan

Tangerang, KompasOtomotif - Sistem penggerak roda pada Nissan Note e-Power hanya mengandalkan motor listrik, dengan tenaga dari baterai lithium-ion. Sementara mesin bensin, punya tugas mengisi daya baterai ketika mobil sedang melaju.

Pengisian baterai pun diatur otomatis, sehingga pengemudi tidak perlu repot memindahkan mode ketika berkendara. Secara teknis, hatchback ini diklaim sebagai 100 persen mobil listrik, yang ditambahkan mesin bensin untuk mengisi daya baterai.

Mesin bensin yang tersemat di model ini, yaitu tipe HR12DE 1.2L. Kapasitas tangki bahan bakar minyak (BBM)-nya mencapai 41 liter. Pertanyaan yang muncul, jika seperti itu Note e-Power ini tidak zero emission?

Kepada KompasOtomotif Anton Khristanto, Manager Vehicle Project Management Human Resources & General Affair PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menjelaskan, memang betul seperti itu tetapi tidak sebesar mobil konvesional.

Baca juga: Klaim Efisiensi BBM Nissan Note e-Power, Tembus 37,2 Km/Liter

"Emisi gas buangnya hanya 64 mg/km, sedangkan mesin konvesional di atas 100 mg/km. Di Jepang emisi gas buang sekecil ini sudah tergolong sebagai mobil listrik yang ramah lingkungan," kata Anton di ICE, BSD, Tangerang, Senin (13/11/2017).

Nissan Note e-Power.Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power.

Anton melanjutkan, selama dikendarai mesin bensin yang diibaratkan generator ini akan mati-menyala otomatis tergantung kebutuhan. Ketika menyala, mesin hanya bekerja di kisaran 2.000 – 4.500 rpm. Pengemudi hanya bisa berkendara menggunakan mode listrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.