Klaim Efisiensi BBM Nissan Note e-Power, Tembus 37,2 Km/Liter

Kompas.com - 28/10/2017, 15:22 WIB
Nissan Note e-Power. Febri Ardani/KompasOtomotifNissan Note e-Power.
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, KompasOtomotif – Cara kerja mesin bensin yang tidak biasa pada Nissan Note e-Power menawarkan efisiensi bahan bakar optimal. Pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) mengungkap angka efisiensi terbaik pada Note e-Power adalah 37,2 Km/liter (kpl) menggunakan pengetesan standar Jepang JC08 dalam kasus perjalanan dalam kota.

Angka itu didapat untuk varian Note e-Power varian terendah, S. Sedangkan varian menengah X dan tertinggi Medalist, efisiensinya 34 kpl. 

Klaim efisiensi bahan bakar pada Note e-Power.Febri Ardani/KompasOtomotif Klaim efisiensi bahan bakar pada Note e-Power.

“Sebenarnya yang membedakan angka efisiensi itu adalah berat. Medalist membawa komponen yang berbeda dengan varian di bawahnya,” kata Anton Khristanto, Manager R&D Nissan Motor Indonesia (NMI), di Karawang, Jawa Barat, Senin (23/10/017).

Baca:Nissan Note e-Power Bisa Teguk Premium

Mesin bensin yang digunakan Note e-Power adalah HR12DE 1.2L. Beda dari mobil pada umumnya, tenaga dari mesin itu tidak menggerakan roda sebab fungsi utamanya menghasilkan energi listrik via inverter yang disimpan ke baterai.

Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).Febri Ardani/KompasOtomotif Nissan Note e-Power versi pasar Jepang yang diuji coba di Indonesia, Senin (23/10/2017).

Lantas energi dari baterai itu digunakan motor listrik untuk menggerakan kedua roda depan. Ketimbang hibrida, cara kerja Note e-Power lebih mirip mobil listrik dengan range extender.

Anton menjelaskan selama dikendarai mesin bensin yang diibaratkan generator akan mati-menyala otomatis tergantung kebutuhan. Ketika menyala, mesin hanya bekerja di kisaran 2.000 – 4.500 rpm. Pengemudi hanya bisa berkendara menggunakan mode listrik. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X