Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Khawatir, Yamaha Masih Jual Suku Cadang RX King

Kompas.com - 06/11/2017, 08:22 WIB
Fachri Fachrudin

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Salah satu persoalan memiliki kendaraam yang sudah dihentikan produksinya adalah kesulitan mendapatkan suku cadang. Namun bagi pemilik motor RX King yang sudah tak diproduksi lagi sejak 2009, tidak perlu khawatir.

Boy Fajar, dari diler motor bekas Asia Mandiri Bersama mengatakan bahwa dirinya masih mudah menemukan berbagai keperluan untuk motor RX King yang akan dijualnya.

“Karena mungkin orang (pengguna RX King) berasumsi, karena motor tua sudah enggak ada stoknya. Padahal masih ada, sampai sekarang masih mudah dicarinya,” ujar Boy ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).

Namun demikian, lanjut dia, tidak semua bengkel resmi lengkap menyediakan seluruh sparepart RX King. Beberapa bengkel yang ada biasanya akan melakukan pemesanan terlebih dahulu atau inden, jika stok sparepart yang dicari sedang habis.

Baca juga : Harga RX-King Bekas Tembus Rp 20 Juta

Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).Fachri Fachrudin Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).

Masih terkait dengan sparepart, lanjut Boy, banyak pemilik motor RX King yang tidak tahu bahwa hingga saat ini Yamaha masih terus memproduksi suku cadang motor tersebut. Kemudian, mereka memilih berburu di tempat jual beli sparepart bekas. Di tempat itu mereka justru mendapatkan harga yang lebih mahal, jika dibandingkan membeli di bengkel resmi.

Misalnya, kata Boy, untuk harga box filter yang dibanderol sekitar Rp 120.000 jika dibeli di bengkel resmi. Sementara jika membeli di penjual barang bekas, harganya membengkak jadi Rp 150.000.

Begitu pula dengan harga knalpot RX King. Di bengkel resmi bisa membeli knalpot di kisaran harga Rp 250.000, tapi di penjual barang bekas justru mendapatkan harga yang lebih mahal, yakni sekitar Rp 300.000.

Baca juga : Kisah Sekelompok Pemuda Memoles RX King Butut Pengemudi Ojek

Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Mohammad Masykur sebelumnya menyampaikan bahwa kebijakan Yamaha adalah tetap memproduksi suku cadang inti sebuah model selama 10 tahun sejak tahun terakhir produksi. Hal ini juga berlaku buat RX King.

“Suku cadang inti RX King masih diproduksi di pabrik Yamaha. Produksi terakhir RX King tahun 2009 jadi masih akan diproduksi sampai tahun 2019,” ujar Masykur saat ditemui Otomania, Selasa (15/3/2016).

Sepeda motor Yamaha RX King yang selesai direparasi.Facebook Marali Ali Sepeda motor Yamaha RX King yang selesai direparasi.

Untuk diketahui, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) selaku ATPM sepeda motor Yamaha memutuskan untuk menyetop produksi RX-King pada 2009 setelah diterbitkan pertama kali pada 1980. Sepanjang rentang waktu itu, penjualan Yamaha RX King sudah menembus 1 juta unit. Pada 2008, misalnya, penjualan menembus angka 12.017 unit dan sampai Februari 2009 sudah mencapai 3.992 unit.

Baca juga : 90 Persen Komponen RX King Milik Pengojek Diganti Barang Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com