Laporan dari Jepang

Diler Daihatsu Ini Tanpa Kursi buat Pegawai

Kompas.com - 31/10/2017, 19:02 WIB
Diler Daihatsu yang tak menyediakan kursi bagi pegawainya. Ghulam/KompasOtomotifDiler Daihatsu yang tak menyediakan kursi bagi pegawainya.
|
EditorAgung Kurniawan

Shiga, KompasOtomotif – Selain pemandangan kebersihan, kerapihan dan pelayanan yang maksimal di salah satu diler Daihatsu di Jepang, ada hal lain yang menyita perhatian. Shiga Daihatsu, salah satu diler Daihatsu di Jepang ini tidak menyediakan kursi untuk pegawai, sehingga dipaksa bekerja sambil berdiri.

Memang diler Shiga Daihatsu Ritto ini, merupakan salah satu yang terbaik di seluruh Jepang. Ini ternyata dilakukan untuk menunjang pelayanan ekstra diler kepada konsumennya, demi mengejar nilai customer satisfaction.

“Jadi tujuannya adalah supaya semua staff bisa menyambut customer dengan cepat. Karena butuh waktu ketika mereka duduk dan bergerak melayani tamu,” ujar Yulius Adi Wijaya salah satu staff Shiga Daihatsu asal Indonesia, Sabtu (28/10/2017).

Baca juga : Mampir ke Diler Terbaik Daihatsu Jepang

Diler Daihatsu yang tak menyediakan kursi bagi pegawainya.Ghulam/KompasOtomotif Diler Daihatsu yang tak menyediakan kursi bagi pegawainya.

Kondisi seperti ini juga hanya ada di Shiga Daihatsu, sedangkan diler lain tetap membiarkan pegawainya bekerja sembari duduk. “Ini hanya di sini saja, di diler lain tidak ada,” ujar Keiichi Goto, Presiden Director Shiga Daihatsu. Dari enam sampai tujuh jam kerja, mereka hanya duduk pada makan siang atau jam istirahat saja. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Soal pelayanan, Shiga Daihatsu merupakan yang terbaik di seluruh Jepang. Sempat punya rapor merah pada 1998-1999 tentang customer satisfaction. Merek kemudian mengejar ketertinggalan lima tahun kemudian, dan berhasil meraih posisi pertama pada kategori National CS Initial Survey dan posisi kedua di National CS Intention Survey.

Di wilayah perfektur Shiga, merek yang diakuisisi Toyota ini menguasai 37,6 persen pasar mobil kecil (kei car), di mana satu dari 2,7 kendaraan bermerek. 

Diler Daihatsu yang tak menyediakan kursi bagi pegawainya.Ghulam/KompasOtomotif Diler Daihatsu yang tak menyediakan kursi bagi pegawainya.

posisi pertama pada kategori National CS Initial Survey dan posisi kedua di National CS Intention Survey.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.