Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Mitsubishi Perkenalkan Truk Fuso Bertenaga Listrik

Kompas.com - 27/10/2017, 14:44 WIB
Mitsubishi Truck perkenalkan E-Fuso, merek yang berkonsentrasi pada produk truk dengan tenaga listrik MFTBCMitsubishi Truck perkenalkan E-Fuso, merek yang berkonsentrasi pada produk truk dengan tenaga listrik
|
EditorAzwar Ferdian

Tokyo, KompasOtomotif - Selain memperkenalkan purwarupa produk mobil penumpangnya, pada ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2017, Mitsubishi melalui Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) yang berada di bawah naungan Daimler Asia, juga menghadirkan sesuatu yang baru pada produk kendaraan niaga.

Pada pembukaan pameran Rabu, (25/10/2017) MFTBC melansir merek terbarunya E-Fuso dan menjadi pabrikan pertama yang mendedikasikan diri untuk truk dan bus bertenaga listrik.

Pada lantai pameran MFTBC dipajang E-Fuso Vision One, sebuah truk heavy duty yang mampu menempuh jarak tempuh hingga 350 km. Keseriusan juga datang dari komitmen Daimler yang kan menginvestasikan teknologi baterai serta pengisian daya dan menjadikan E-Fuso truk listrik terdepan.

"Melalui E-Fuso Vision One, kami kembali menjadi yang terdepan dalam hal kendaraan niaga bertega listrik. Satu bulan semenjak peluncuran eCanter, seri produksi pertama truk bertenaga listrik membuktikan komitmen kami untuk mengembangkan tenaga listrik pada seluruh jajaran truk dan bus, mulai truk ringan sampai berat," ucap Marc Listosell, President and CEO of MFTBC and Head of Daimler Truck Asia saat perkenalan E-Fuso di ajang Tokyo Motor Show 2017.

Baca : Fuso Kembali Rangkul Pelaku Usaha

Listosella mengungkapkan, model seperti eCanter membuat penggunanya menghemat hingga 1.000 Euro per 10.000 km untuk biaya operasionalnya. Harapannya dengan perkembangan teknologi baterai yang pesat, produk bus bertenaga listrik dapat berdampak positif terhadap lingkungan dan ekonomi masyarakat.

Mitsubishi Truck perkenalkan E-Fuso, merek yang berkonsentrasi pada produk truk dengan tenaga listrikMFTBC Mitsubishi Truck perkenalkan E-Fuso, merek yang berkonsentrasi pada produk truk dengan tenaga listrik

E-Fuso Vision One sendiri adalah truk yang memiliki Gross Vehicle Weight (GVW) atau berat kotor 23,26 ton dengan payload 11,11 ton, lebih rendah 1,8 ton dari rekan dieselnya. Sekali mengisi daya, truk ini memiliki jarak tempuh 350 km. Untuk penggunaan jarak jauh memang masih butuh uji kelayakan, namun penggunaan E-Fuso Vision One dapat digunakan untuk kendaraan distribusi di area regional.

Untu eCanter sendiri, memiliki GVW 7,5 ton dan jarak tempuh 100 sampai 120 km sekali mengisi daya. Seri produksinya yang terbatas sudah diserahkan pada pelanggan Mitsubishi seperti perusahaan Seven Eleven dan Yamato.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X