Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan langsung Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Mobil Ini Bisa Tahu Suasana Hati Pengendaranya

Kompas.com - 25/10/2017, 10:42 WIB
Aris F Harvenda

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota kembali menampilkan Concept-i pada Tokyo Motor Show (TMS), Jepang, 25 Oktober - 5 November 2017. Sebelumnya mobil konsep berpenumpang 4 orang ini pernah hadir pada Consumer Electronic Show (CES) di Las Vegas, Amerika Serikat, Januari 2017 lalu.

Ide di balik konsep ini adalah menawarkan pengalaman imajinatif. Mobil diintegrasikan dengan artificial intelligence (AI), yang mampu mengetahui kebutuhan pengendara melalui suasana hati dan emosi.

AI digadang-gadang bakal menjadi jantung mobil-mobil masa depan. Sistem ini semacam nyawa sungguhan, karena mobil akan memelajari perilaku, dan membangun hubungan dengan pengendara. Suatu imajinasi yang membuat mobil lebih berarti dan ”manusiawi”.

Toyota Concept-i sangat peka dengan emosi dan suasana hati pengemudiAFH Toyota Concept-i sangat peka dengan emosi dan suasana hati pengemudi
Mobil akan menawarkan metode pengendaraan dan jadwal, mengenali emosi pengendara, merekam, dan memberi saran tempat tempat-tempat mana yang bisa dikunjungi dengan tingkatan emosi itu.

[Baca juga : Kemewahan Kabin Pesaing Rolls Royce dari Toyota]

Mobil juga memberikan opsi ke pengendara untuk menyetir secara manual atau full otonom. Bahkan siap menawarkan banyak opsi untuk ”melakukan sesuatu”, demi meningkatkan keamanan berkendara.

Layaknya "Kit" di film Knight Rider, pengemudi akan ditemani "agen" AI bernama Yui. Dia akan menggunakan lampu, suara, bahkan menyentuh penumpang-penumpang untuk berkomunikasi tentang informasi yang bersifat kritikal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com