Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadwal Penerapan Transaksi Non Tunai di Tol Jagorawi

Kompas.com - 19/09/2017, 07:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - PT Jasa Marga (Persero) Tbk, cabang Jagorawi secara resmi mulai mengubah metode pembayaran menjadi non tunai. Pelaksanaan dilakukan secara bertahap pada seluruh gerbang Tol Jakarta-Bogor-Ciawi.

Dari jadwal penetapan, langkah ini sudah dimulai sejak 12 September 2017 dan beroperasi penuh di semua gerbang tol, pada 26 Oktober. Artinya tidak ada lagi transaksi tunai, semua pembayaran dilakukan menggunakan uang elektronik.

Dalam keterangan resmi di situs Jasa Marga, tertulis bahwa penggunaan uang eletronik akan memangkas separuh waktu transaksi lebih cepat.

Sebelumnya, Direktur Operasi II PT Jasa Marga Subakti Syukur, juga ikut memberikan imbauan bagi penggua tol untuk beralih menggunakan uang elektronik.

Baca : Strategi Jasa Marga Dorong Penggunaan Uang Elektronik


"Harus punya (e-Money) karena nantinya tidak ada lagi layanan tunai. Kita melakukan secara bertahap sambil membenahi sistem agar pada Oktober awal sudah 90 persen, dan berlanjut 100 persen di 31 Oktober 2017," kata Subakti kepada KompasOtomotif beberapa waktu lalu.

Kemacetan Cibubur

Senin (18/9/2017), salah satu pengguna media sosial mengeluhkan kemacetan di gerbang tol Cibubur. Diberitakan bahwa antreannya mencapai dua kilometer.

Menanggapi kondisi tersebut, Herry Trisaputra Zuna selaku Kepala Badan Pengaturan Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, telah meminta maaf kepada masyarakat yang terjebak dalam antrean panjang.

Baca : Penjelasan Penyebab Kemacetan di GT Cibubur Hari Ini

"Atas kejadian kemacetan tadi pagi, kami mohon maaf. Dari teman-teman di lapangan dilaporkan memang karena adanya perubahan kebiasaan saja, dari tunai ke elektronik. Waktu kejadian juga kami sediakan penjual kartu," ucap Hery yang dikutip dari Otomania, Senin (18/9/2017).

Kendala mesin reader jadi penyebab kepadatan antrean kendaraan di Gerbang Tol. Hendra Noor Saleh Kendala mesin reader jadi penyebab kepadatan antrean kendaraan di Gerbang Tol.

Diketahui bahwa pada 18 September telah terjadi perubahan pola sistem pembayaran menjadi non tunai untuk Ramp Cibubur 2, tepatnya dari arah Transyogi menuju Jakarta. Sedangkan untuk masalah pada reader yang tidak bisa diakses kartu Flazz BCA, Herry menjelaskan memang belum berfungsi sepenuhnya.

"Untuk kartu BCA memang masih disebarkan. Semoga minggu depan bisa di seluruh ruas Jabodetabek. BCA saat ini hanya ada di JORR S (lingkar luar). Kita terus berusaha menyediakan sesuai kebutuhan," ujar Hery.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com