Xpander Datang, Avanza Positif, Xenia-Ertiga Stabil, Mobilio Turun

Kompas.com - 19/08/2017, 09:02 WIB
Toyota Avanza Limited Editon, cuma tersedia 150 unit. Febri Ardani/otomania.comToyota Avanza Limited Editon, cuma tersedia 150 unit.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Menarik memperhatikan pergerakan pasar small MPV saat mendapat serbuan pemain baru, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S. Para pemain lama ”H2C” (harap-harap cemas), menghadapi stok yang naik-turun.

Dari data terakhir Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Juli 2017, pergerakan itu kelihatan. Toyota Avanza yang selama ini menjadi benchmark, masih positif dengan wholesales 9.100 unit, bulan lalu.

Catatan KompasOtomotif, selama tujuh bulan pertama, pionir small MPV di Indonesia itu mengalami kenaikan sedikit bulan lalu dibandingkan Juni 2017 dengan perolehan paling rendah, yakni 6.100-an unit. Tapi kalau dibandingkan performa awal tahun, hasil Juli masih berada pada tren menurun.

Daihatsu edisi 110 tahun pada model Sirion, Luxio, Sigra, Xenia dan TeriosOtomania Daihatsu edisi 110 tahun pada model Sirion, Luxio, Sigra, Xenia dan Terios
Saudaranya, Daihatsu Xenia, tergolong stabil, meski juga sedikit turun dari tren awal tahun. Pada Juli 2017 lalu, wholesales tercatat 2.796-an unit, atau naik sedikit dibandingkan Juni yang terpuruk di 1.900-an unit. Sebelumnya Xenia bermain di kisaran 3.000 hingga 4.400-an unit.

Tahan Banting

Suzuki Ertiga bisa jadi yang paling stabil, masih bertahan di kisaran 2.800-an unit. Sepanjang tahun model ini punya grafik paling lurus, naik atau turun tak jauh dari kisaran 3.000 unit.

Suzuki Ertiga.Ghulam/KompasOtomotif Suzuki Ertiga.
Paling menderita adalah Honda Mobilio. Juli 2017 lalu menjadi periode suram, dimana model ini hanya terdistribusi 739 unit. Pergerakan dari awal tahun berkisar di 3.500 hingga 5.000-an unit, lalu turun pada Juni di kisaran 1.300-an unit. Bisa jadi, Honda lebih berhati-hati dengan stok.

Peta kekuatan ini dipastikan berubah drastis ketika Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero S mulai masuk data penjualan bulan ini, yang akan ketahuan pertengahan September mendatang.

Diskon Mobilio di IIMS 2017.Ghulam/KompasOtomotif Diskon Mobilio di IIMS 2017.
Kemungkinan pertama, beberapa model akan kembali mengalami penurunan, mengingat Xpander dan Confero S menjadi incaran pengunjung dalam pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2017.

Tapi masih ada kemungkinan kedua, yakni pasar small MPV justru bertambah. Para pemain lama masih bertahan dengan tren angka penjualan masing-masing, dan dua model baru merangkul konsumen baru yang bikin pasar mobil sejuta umat makin gemuk. Mana yang akan terjadi?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X