Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berkenalan dengan E-Canter, Truk Listrik Mitsubishi Fuso

Kompas.com - 18/08/2017, 16:05 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Tangerang, KompasOtomotif - Selain truk niaga, Mitsubishi Fuso juga membawa purwarupa truk bertenaga listrik dalam ajang pameran otomotif nasional, Canter E-Cell. Truk ini menjadi ikon di stan Fuso yang tampil dengan paduan warna hitam dan biru.

Meski sekilas serupa dengan truk Fuso lain, namun bila diperhatikan ada beberapa perbedaan di beberapa sekotr. Mulai dari kotak bertuliskan "battery" pada bagian bawah, sampai bagian belakang yang terdapat sebuah instalasi untuk pengisian daya.

"Untuk pertama kalinya di Indonesia kami bawa kendaraan yang berfungs dan telah diuji sebagai prototipe dari eCanter. Fuso dengan bangga mengenalkan seri produksi pertama di dunia truk listrik," ucap Head of Daimler Regional Centre Commercial Vehicles, SEA, Kay-Wolf Ahlden dalam seremoni pengenalan di Tangerang.

Fuso E-CanterStanly/KompasOtomotif Fuso E-Canter

Menurut Ahlden, pada bulan Juli lalu pihaknya telah memulai produksi di Jepang dan Portugal. Hingga akhir tahun akan ada 150 unit pertama yang akan di distribusikan ke konsumen di Eropa, Amerika Serikat, dan Jepang.

Baca : Mitsubishi Fuso Luncurkan "Kepala Kuning" Terpanjang di Dunia

E-Canter dimodali dengan enam baterai ion-lithium berkapasitas 13,8 kWh yang memiliki voltase tinggi untuk penyaluran tenaga ke motor listrik. Baterai ini dipasok oleh anak perusahaan Daimler yang sepenuhnya memiliki fungsi sebagai penggerak truk listrik ini.

Truk listrik Mitsubishi Fuso E-CanterStanly/KompasOtomotif Truk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter

Mitsubishi mengklaim E-Canter mempu menempuh jarak 100 km dalam kondisi penuh dan sangat cocok untuk keperluan niaga di dalam kota tanpa menghasilkan emisi gas buang. Untuk daya angkut bisa menampung hingga tiga ton, sedangkan tampilan dalam sudah dilengkapi dengan panel modern dan layar 12 inci serta beberapa fitur lain, seperti keyless push start button.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com