Kompas.com - 28/07/2017, 09:58 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif -  Tak begitu tampak dipermukaan, produsen kendaraan roda dua terbesar Indonesia berdarah Jepang, Astra Honda Motor (AHM), ternyata sudah menyiapkan jalur produksi untuk sepeda motor listrik.

Kabar ini memperkuat pernyataan sebelunya yang pernah dikeluarkan oleh bos AHM, Toshiyuki Inuma. Pria yang menjabat Presiden Direktur AHM mengatakan, kalau Indonesia siap memproduksi motor listrik.

Baca juga : Honda Siap Produksi Motor LIstrik di Indonesia

“Line produksinya sudah disiapkan dong, karena kalau tidak, kami bisa ketinggalan. Kami sudah siapkan,” ujar David Budiono, Production, Engineering, and Procurement Director AHM saat ditanyakan soal persiapan produksi, Kamis (27/7/2017).

Namun, kata David, Honda sendiri sampai saat ini masih terus melakukan studi, menyoal teknologi sepeda motor listrik. “Nah teknologi motor listriknya sendiri yang masih diimprove terus,” ucap David.

Basis Produksi Motor Listrik Dunia

Dilemparkan pertanyaan soal basis produksi dunia, David masih tampak menahan-nahan informasi, dan belum mau terbuka. Dirinya menyebutkan kalau hal tersebut, tergantung dari demand-nya secara global juga.

“Tergantung minatnya secar global, sebab investasinya lumayan besar,” kata David.

Baca juga : Demi Motor Listrik, Honda dan Yamaha “Bergandengan”

Namun, jika memang sudah menyiapkan line produksi dengan investasi yang besar, logikanya Honda akan memanfaatkan itu juga untuk pasar lain, alias ekspor. Karena pasar dalam negeri nampaknya masih belum bisa diandalkan dan kurang mumpuni dari segi infrastruktur.

Selain riset motor listrik yang sudah dilakukan AHM bersama dengan Kementerian Perhubungan dan Perguruan Tinggi Negeri Indonesia, Honda juga mulai bergerak melakukan pengujian melalui sistem penyewaan motor listrik bersama Yamaha di di kampung halamannya, tepatnya di Saitama. Jepang. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.