Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah 7 Tahun, Akhirnya Volvo-Geely Berbagi Teknologi

Kompas.com - 21/07/2017, 17:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Stockholm, KompasOtomotif – Sudah tujuh tahun Volvo dibeli Geely, dan dua perusahaan ini akhirnya berbagi teknologi. Rencana itu diumumkan, bahwa perusahaan patungan akan memperdalam sinergi, mengembangkan skala ekonomi, membuka jalan pengembangan kendaraan listrik generasi terbaru.

Memorandum of Understanding (MoU) menyatakan bahwa Volvo, Geely, dan merek yang lahir setelah mereka berangkulan, Lynk & Co, akan berbagi arsitektur dan teknologi mesin. Semua urusan akan dibagi rata, 50:50 untuk Volvo dan Geely.

Mungkin akan ada merek atau model baru, yang dinyatakan bakal lebih banyak berbagi sumber komponen demi pengurangan modal produksi.

Lyn & Co 01 Concept.netcarshow Lyn & Co 01 Concept.
Perjanjian itu juga membuat Volvo, Geely, dan Lynk & Co bisa saling menggunakan teknologi, meski asalnya sudah dikembangkan masing-masing merek dan punya hak paten.

Perusahaan patungan itu sudah mulai berbagi platform Compact Modular Architecture (CMA), yang akan digunakan pada model baru Volvo 40 Series dan mobil merek Lynk & Co.

Di masa depan, model-model dengan platform  CMA akan dikembangkan dengan modal bersama, lagi-lagi untuk mengurangi ongkos produksi secara keseluruhan.

Kolaborasi ini juga bisa berkembang lebih advance dengan sharing teknologi serta komponen mobil listrik macam baterai, motor, atau sistem pengisian ulang baterai.

Volvo juga mengumumkan bakal membeli saham minoritas Lynk & Co, yang merefleksikan bahwa merek baru itu akan menggunakan teknologi Volvo atau sebaliknya di masa depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com