Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Legendaris Volvo Dilahirkan Kembali

Kompas.com - 08/03/2017, 08:41 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Carscoops

Jenewa, KompasOtomotif – Setelah keriuhan spyshot dan rumors, akhirnya Volvo meluncurkan All-New XC60. Inilah model yang bakal menjadi salah satu tulang punggung produsen mobil asal Swedia itu, dan menantang para rival di segmen sport utility vehicle (SUV) compact premium.

Model baru menggantikan generasi lama XC60 yang super sukses. Selama sembilah tahun terakhir, model ini menjadi SUV premium compact terlaris daratan Eropa. Lebih jauh lagi, penjualannya hampir mencapai satu juta unit di seluruh dunia.

carscoops Volvo XC60.
”Kami punya sejarah kuat untuk SUV dinamis dengan desain stylish yang menawarkan teknologi terbaru. Tak diragukan lagi, XC60 menjadi mobil yang sempurna untuk gaya hidup aktif, merepresentasikan langkah selanjutnya dalam rencana transformasi kami,” kata CEO Volvo, Hakan Samuelsson.

Diklaim, XC60 adalah salah satu mobil teraman yang pernah dibuat. Banyak teknologi pintar di dalamnya, termasuk Steer Assist yang menjadi pelengkap sistem City Safety. Ada teknologi baru yang disebut Oncoming Lane Mitigation, menggunakan fitur Steer Assist untuk menghindari tabrakan.

Pada waktu yang sama, Blind Spot Indication System kini juga menggandeng Steer Assist untuk mengurangi risiko celaka saat berpindah jalur. Mobil ini juga punya Pilot Assist sebagai opsi, membuat mobil bisa melaju sendiri sampai 130 kpj.

carscoops Interior tampak jauh lebih elegan.
Tenaga penggerak berasal dari mesin yang meraih penghargaan, yakni T8 Twin Engine bensin plug-in hybrid, yang mampu mengirimkan tenaga 407 tk, dan bisa berakselerasi 0-100 kpj hanya dalam 5,3 detik.

Model ini juga dilengakpi pilihan memsin diesel D4 bertenaga 190 tk, atau D5 dengan teknologi PowerPulse yang bisa menyemburkan tenaga 235 tk.

Buat fans berat mesin bensin, ada pilihan jantung T5 dengan tenaga 254 tk, atai T6 yang lebih galak lagi dengan tenaga 320 tk.

Fitur unggulan untuk penumpang adalah CleanZone. Sistem ini membuat udara di kabin menjadi bersih tanpa polutan dan partikel yang kurang menyehatkan.

Setelah ini, Volvo XC60 dijadwalkan mulai diproduksi pertengahan April 2017 mendatang di pabrik Torslanda, Swedia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com