Hari Ini, Arus Balik Mulai Padati Cikarang Utama

Kompas.com - 29/06/2017, 07:01 WIB
Gerbang Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek. Febri Ardani/KompasOtomotifGerbang Cikarang Utama di tol Jakarta-Cikampek.
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - PT Jasa Marga (Persero) memperkirakan puncak arus balik Lebaran akan terjadi pada H+3 atau Kamis (29/6/2017). Kemungkinan besar akan terjadi penumpukan pada gerbang tol Cikarang Utama sejak pagi hari.

Baca : Ingat, Arus Balik Lebih Rawan Kecelakaan

Direktur Operasi II PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Subakti Syukur, mejelaskan prediksi ini diambil dengan melihat kondisi serta tren kenaikan dari sejak Lebaran kedua (26/6/2017).

"Faktornya banyak hal, seperti pertemuan arus silaturahmi, arus liburan, juga dampak dari para pemudik jarak dekat. Cikarang Utama menjadi pintu utama masuk ke Jakarta dan daerah lain, dan yang pasti pemudik mencoba menghindari pembatasan larangan truk yang akan di non-aktifan pada 30 Juni (Jumat) mendatang," ucap Subakti saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu (28/6/2017).

Menurut Subakti, selain hari Kamis, tren kenaikan juga akan kembali terjadi pada hari Minggu (2/7/2017). Hal ini dikarenakan masa kerja yang akan dimulai pada Senin (3/7/2017) mendatang, sehingga ada sebagian pemudik yang memilih lebih lama di kampung halaman.

GARRY ANDREW LOTULUNG/Kompas.com Pintu Tol Cikarang Utama

"Bila dibandingkan dengan tahun lalu, periode libur lebih panjang tahun ini sehingga mungkin terjadi penyebaran arus balik. Artinya kemungkinan gelombang arus balik bisa terjadi dalam dua hari," kata Subakti.

Baca : Kerasnya Perjuangan Arus Balik, ini Antisipasinya

Guna mengantisipasi gelombang arus balik, Jasa Marga juga sudah memiliki beberapa langkah yang akan diterapkan. Mulai dengan optimalisasi tambahan gardu hingga 30 pintu, contraflow dibeberapa ruas jalan, sampai pengalihan arus melalui gerbang Cikarang Barat 2.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X