Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/06/2017, 17:22 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Produk skuter listrik di Indonesia, sudah mulai bermunculan. Dimulai dari gaung Gesits sebagai calon motor listrik nasional yang akan masuk jalur produksi, sampai tiba-tiba lahirnya produk baru milik VIar, Q1, yang sudah dipasarkan dan memiliki Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK)

Bagaimana Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) melihat tren ini ke depannya, di mana sebelumnya sempat menutup mata soal skuter listrik?

Gunadi Sindhuwinata, yang saat ini menjabat sebagai Penasihat AISI menuturkan, kalau pihaknya saat ini memiliki dua langkah yang akan dilakukan, terkait kendaraan roda dua berpenggerak listrik. Namun, Gunadi masih belum mengatakan sudah sampai mana progresnya.

“AISI sendiri memiliki dua langkah yang ditempuh soal motor listrik. Pertama, kami ini mempersiapkan perangkat standardnya dari standar produk, lalu kedua kami harus melakukan pendekatan kepada pemerintah, soal kebijakan motor listri yang dilihat secara total,” ujar Gunadi, Sabtu (17/6/2017).

Gunadi menambahkan, soal kesiapan waktunya, secara teknis industri dalam negeri bisa mempersiapkan itu dalam waktu tiga tahun. Baru kemudian setelah itu, perlu dukungan infrastruktur dari pemerintah untuk pengisiannya.

“Industri dalam negeri bisa dikatakan siap membangun produk seperti itu dan tidak ada masalah, karena hanya soal motor listrik dan baterai, sementara komponen motor lainnya masih sama semua, seperti rem dan lainnya,” ujar Gunadi.

“Jadi secara teknis, melihat tiga sampai empat tahun ke depan (soal industri motor listrik) tidak ada problem,” kata Gunadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.