Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balap Motor Listrik MotoGP Siap Dihelat pada 2019

Kompas.com - 13/05/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Sumber Motorsport

Milan, KompasOtomotif - Balap MotoGP rupanya sesaat lagi akan diramaikan dengan kelas baru sepeda motor listrik. Sebenarnya, Dorna sebagai pihak promotor sudah memiliki rencana ini, dan hal tersebut makin serius dengan kesiapannya untuk mengadakan pada 2019 mendatang.

Cornelo Ezpeleta, Kepala Dorna Sport, mengatakan paling lambat pihaknya akan menggelar balap motor listik pada 2019 nanti. Sampai saat ini, sudah ada empat pabrikkan yang telah menawarkan untuk memasok 18 motor listrik.

Baca : Begini Tampang Motor Listrik Honda dan Hitachi

"Proyek ini sangat maju, kemungkinan besar pada 2019 nanti kami akan memiliki beberapa balap pendukung (untuk MotoGP) di Eropa. Kami sudah mendapatkan empat penawaran dari pabrikan. Rencananya akan menggunakan motor yang sama (one make race) dan minimal sebanyak 10 lap," kata Ezpeleta yang dikutip dari Motorsport.

Balap motor listrik memang belum mendunia seperti pada balap mobil Formula E. Sampai saat ini baru ada beberapa seri saja, yakni Isle of Man TT dan Pikes Peak International Hill Climb.

http://motonetworks.com/ Mugen Shinden Go

Jika pada balap Formula E mengandalkan generator carbon-neutral glycerine untuk mengisi ulang mobil di antara sesi. Nantinya, untuk balap motor listik akan menggunakan panel surya.

Baca : MotoGP Bakal Punya Balap Motor Listrik

"Baterai diisi ulang lewat panel surya, bukan dari generator. Melalui cara itu kami bisa meninggalkan sesuatu yang menguntungkan," kata Ezpeleta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Motorsport
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com