Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Tambah Kuota Mudik Gratis Motor dan Penumpang

Kompas.com - 19/05/2017, 09:50 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Menekan jumlah kecelakaan sepeda motor di musim mudik Lebaran 2017, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) siap menggelar program Angkutan Sepeda Motor Gratis dan Mudik Gratis. Kegiatan ini merupakan program kolaborasi antara Kemenhub, BUMN, dan beberapa mitra kerja.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, menjelaskan bahwa program kolaborasi tersebut dicanangkan untuk mengangkut 44.721 sepeda motor dan 208.435 penumpang.

Baca : Mudik Bareng AHM, ini Jadwal Pedaftarannya

"Kami mengimbau pemudik untuk mengurangi atau tidak menggunakan motor untuk perjalanan jarak jauh, gunakanlah program mudik gratis ini," kata Menhub dalam siaran resminya, Kamis (18/5/2017).

Menurut Budi, jumlah sepeda motor dan penumpang yang diangkut dalam program tahun ini naik signifkan dibandingkan tahun sebelumnya. Untuk sepeda motor 155 persen dan penumpang 57 persen dengan total anggaran menyentuh Rp 90 miliar.

Proses pengangkutan terbagi tiga, yakni darat, penyebrangan, dan laut. Untuk darat kapasitas sepeda motor yang akan dibawa 3.510 unit melalui 77 truk, sedangkan penumpang mencapai 54.900 orang yang akan menggunakan 1.220 bus. Kereta api juga dijadikan alternatif untuk mengangkut 18.096 unit motor.

Slamet Widodo Motor gratis diangkut dengan dua Truk Khusus pengangkut sepeda motor tiba di Trenggalek (03/07/2016)

Untuk moda penyeberangan, akan dilayani dua kapal ferry, yaitu KMP Jatra Tiga dengan tujuan Lampung dan KMP Sebuku dengan tujuan Semarang. Jumlah sepeda motor yang akan diangkut kedua kapal tersebut sebanyak 5.000 unit dan 10.000 penumpang. Sedangkan jalur laut akan dilayani tiga kapal Ro-Ro dengan tujuan Semarang dengan daya angkut 16.000 unit motor dan 32.000 penumpang.

Baca : Jurus Menhub Tekan Angka Kecelakaan di Musim Mudik 2017

"Khusus untuk moda laut, tahun lalu program ini tidak dimanfaatkan dengan baik, kami harap dan kami himbau para pemudik roda dua untuk bisa menggunakannya karena semua gratis," ucap Menhub.

Untuk program mudik gratis dari BUMN direncanakan memberangkatkan 91.060 penumpang. Sedangkan dari mitra kerja mengangkut 2.115 motor dan 20.475 penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com