India Jadi Pasar Motor Terbesar Dunia, Lampaui China

Kompas.com - 10/05/2017, 15:42 WIB
India lampauui China jadi pasar terbesar sepeda motor di dunia. AsphaltandrubberIndia lampauui China jadi pasar terbesar sepeda motor di dunia.
|
EditorAgung Kurniawan

New Delhi, KompasOtomotif – India akhirnya menyalip China, dan menduduki status sebagai negara dengan penjualan sepeda motor terbesar di dunia pada 2016. Perolehan tahunannya mencapai angka lebih dari 17,7 juta unit, atau sekitar 48.000 unit terjual setiap harinya.

Sementara China, harus tertinggal di belakang India dengan perolehan hanya 16,8 juta unit pada tahun lalu. Negeri Bollywood tersebut memperlihatkan pertumbuhan tajam dalam penjualan kendaraan roda dua, yang pada tujuh tahun terakhir, ada kenaikan sebesar 32 persen.

India juga sedang mengalami  hasil manis pada penjualan kendaraan penumpang, tapi pertmbuhan untuk mobil komersial dan roda tiga terbilang flat. Saat ini, kurang lebih 80 persen dari semua kendaraan yang ada di jalanan India adalah sepeda motor.

Faktor

Mengutip Asphaltandrubber, Rabu (10/5/2017) ada dua faktor yang memicu pertumbuhan tersebut. Pertama adalah semakin banyak lahir pengendara atau biker perempuan, lantaran pergerakan kaum hawa yang semakin mapan di India.

Kemudian faktor pendorong kedua adalah perkembangan infrastruktur yang membaik di India. Pemerintah mulai banyak membangun jalan beraspal di daerah perdesaan dan kota-kota.

Dengan lebih banyak pengendara yang di India, ditunjang dengan infrastruktur jalan yang bisa diakses mudah oleh biker ke tempat yang mereka inginkan, berimbas pada berlanjutnya pertumbuhan industri.

China Menurun

Sementara di China, penjualan untuk kendaraan roda dua mengalami penurunan 11 persen pada 2016 dibanding tahun sebelumnya. Lantaran saat ini masyarakatnya lebih memilih mobil daripada sepeda motor, karena China terus bertambah kaya.

Faktor lainnya adalah polusi, dengan beberapa wilayah metropolitan China membatasi akses yang dimiliki sepeda motor ke pusat kota. Ini membantu penjualan motor listrik dan skuter, namun pergeseran powertrains (mesin) ini belum mampu menutup gap pada penjualan roda dua.

Semua yang terjadi ini menyebabkan penurunan yang kuat dimulai pada 2009, di mana lebih dari 19 juta kendaraan roda dua dijual di dalam negeri di China, dan sekarang hanya sekitar 16 juta unit terjual di dalam negeri.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X