Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Punya Mobil Terbang, Siapkan Belasan Miliar

Kompas.com - 25/04/2017, 08:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Monaco, KompasOtomotif – Mobil terbang versi terbaru AeroMobil 4.0 yang sudah mengalami pembaruan total, sekarang diklaim lebih aman, lebih cepat dan sepenuhnya disertifikasi untuk penggunaan jalan dan udara.

Mengutip Autoexpess.com, Senin (24/4/2017) AeroMobil sudah mencapai tahap yang diinginkannya, komersialisasi. Dipamerkan pada pameran Monaco Top Marques 2017, mobil–pesawat ini sudah bisa dipesan, dan dibanderol 1 juta poundsterling atau Rp 16 miliaran.

Prototipe generasi ketiga diluncurkan pertama kali mulai Oktober 2014. Hal buruk kemudian datang pada Mei 2015, di mana model pengujiannya jatuh di Slowakia dan mengalami kerusakan parah. Namun setelah dua tahun melakukan pengembangan ulang, akhirnya sekarang sudah dibuka pre-order, di mana pengiriman kepada pelanggan akan dilakukan pada 2020.

AeroMobil memiliki sasis monocoque serat karbon yang berfungsi sebagai bak pelindung tabrakan, dan sayap bisa dilipat rata ke atap. Dibutuhkan tiga menit untuk membuat sayap mengembang terbuka di posisi siap terbang, dan si pemilik juga memerlukan landasan pacu untuk lepas landas.

Meski bukan mobil yang bisa di langit mana saja, tapi ini adalah konsep AeroMobil pertama yang sepenuhnya memenuhi peraturan keselamatan Eropa dan Amerika Serikat, baik di jalan dan di udara.

Mesin Rotax lawas yang digunakan pada generasi ketiga diganti, dengan mesin Boxer 2.0L 4-silinder, yang bisa menghasilkan tenaga sampai 300bhp. Di jalan raya, mobil-pesawat ini bisa mencapai 100mph dan lebih dari 200mph di udara. Sementara ini, jangkauan terbang baru mencapai 466 mil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com