Mercy Rasakan Manisnya Segmen SUV

Kompas.com - 31/03/2017, 08:22 WIB
Mercedes-Benz GLC 250 Exclusive Otomania/Setyo AdiMercedes-Benz GLC 250 Exclusive
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Mercedes-Benz Indonesia (MBI) mengaku mendapat angin segar dalam dua bulan pertama 2017. Penjualan sejak Januari dan Februari diklaim naik 13 persen dibandingkan periode yang sama pada 2016 lalu.

Deputy Director Sales Operation MB Cars and Network Development MBI Kariyanto Hardjosoemarto, mengatakan, hasil positif ini menjadi barometer peningkatan pasar otomotif di segmen premium.

"Tahun lalu di waktu yang sama (Januari-Februari 2016) Mercy 444 unit, tahun ini jadi 501 unit. Kalau dilihat secara internal naik 13 persen, tapi untuk market share dan komparasi merek lain kita belum tahu karena masih konsolidasi dengan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) soal data dan lainnya," kata Kari kepada wartawan di Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Menurut Kari, peningkatan penjualan Mercedes-Benz masih didominasi model sport utility vehicle (SUV). Bila tahun lalu porsi segmen ini 32 persen, pada periode yang sama tahun ini, bisa mencapai 40 persen.

"SUV kita itu GLC, responsnya cukup baik, secara penjualan kontribusinya juga paling besar. Pertumbuhan SUV juga tinggi, saya tidak ingat pastinya, tapi bisa double digit growth-nya. Ini bukan hanya di kita, secara umum tren SUV memang naik," kata Kari.

Otomania/Setyo Adi Mercedes-Benz GCL 250 Exclusive

Sedangkan saat ditanya mengenai potensi pasar premium di 2017, Kari menjelaskan dari tren yang ada saat ini sudah cukup baik. Namun demikian, semua tergantung dari situasi dan kondisi iklim politik.

"Pasar premium itu paling sensitif pada isu politik. Jadi kalau selama tahun ini aman-aman saja, segmen premium di Indonesia bisa tumbuh, apalagi bila infrastruktur nanti sudah berjalan baik," ucap Kari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X