Kompas.com - 20/03/2017, 13:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Belum genap setahun dipasarkan di Indonesia, Honda CBR250RR sudah diminati beberapa negara. Bahkan tak hanya di Asia, sepeda motor yang diproduksi PT Astra Honda Motor (AHM) itu juga bisa diekspor untuk memenuhi kemauan konsumen di Amerika Serikat.

Wakil Presiden Direktur Eksekutif AHM Johannes Loman mengatakan bahwa banyak negara peminat yang sudah meminta AHM untuk mengekspor CBR250RR. Namun, saat ini AHM masih konsentrasi memenuhi permintaan domestik.

”Negara yang minat dari Asia, mungkin nanti ke negara-negara yang lebih besar lagi, seperti Amerika. Tidak semua CBU, permintaan CKD juga ada. Negara mana? Kami belum bisa sampaikan,” kata Loman, (17/3/2017), saat peluncuran Honda CMX500 Rebel, di Jakarta.

Loman menyatakan bahwa mimpi AHM memang menjadi basis produksi CBR250RR untuk seluruh dunia. Kendati kapasitas mesin 250 cc, ternyata di luar negeri disukai, karena performanya tidak kalah dengan kapasitas mesin 300 cc.

Seperti skema yang dilakukan Yamaha Indonesia, buat pasar domestik dan beberapa negara Asia, tersedia tipe R25. Namun untuk pasar-pasar di Eropa dan Amerika, mereka lebih memilih R3 (300 cc), diproduksi dari Pulogadung untuk diekspor.

”Bisa ada kemungkinan menjadi basis produksi dunia, karena waktu dikembangkan, skemanya seperti itu. Di Indonesia pasar 250 cc besar, jadi kalau diproduksi di sini, akan sangat kompetitif ke mana-mana,” ujar Loman.

Soal kapasitas produksi jika memang pasar ekspor buat AHM menjadi core bisnis, Loman menyatakan siap. Pabrik yang dipunya saat ini mampu memproduksi 5,8 juta unit sepeda motor. Sementara yang sudah terpakai, baru 4,5 juta. Masih ada slot kosong untuk AHM menggeliat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.