Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsep Mobil Terbang dari Airbus Memukau

Kompas.com - 09/03/2017, 08:42 WIB


Geneva, KompasOtomotif
– Mimpi mobil terbang coba diterjemahkan oleh perusahaan aviasi Airbus bekerja sama dengan rumah desain Italdesign Giugiaro pada gelaran Geneva Motor Show 2017. Keduanya memperkenalkan konsep Pop.Up, mobil kompak yang bisa terkoneksi dengan delapan baling-baling dan membuatnya melayang ke angkasa.

Mekanismenya mirip drone, yang memanfaatkan delapan rotor baling-baling dan mengangkat kamera dan modul pengatur pada bagian tengah untuk mengabadikan gambar dari angkasa.  Pop.Up merupakan mobil kompak dua penumpang, dibangun menggunakan serat karbon. Bahan sama juga digunakan pada sistem tambahan berupa baling-baling. Selain itu, semua daya yang digunakan kendaraan ini diperoleh dari asupan baterai.

Idenya, adalah mengatasi kondisi macet di kota-kota besar. Jadi pengoperasiannya tergantung dari keputusan sistem artificial intelligence yang digunakan, apakah cocok untuk berkendara di jalan atau terbang di angkasa. Menariknya, ketika terbang sistem penggerak roda empat akan ditinggalkan dan kabin penumpang melayang bersama baling-baling.

Kelebihan kendaraan ini, adalah kemampuannya mendarat dan terbang secara gerak vertikal layaknya helikopter, sehingga relatif ideal untuk berbagai lokasi. Para pencipta mengatakan kendaraan ini bisa mendarat di stasiun atau pusat kendaraan massal. Tetapi, bukan mustahil juga mungkin bisa diajak langsung parkir di gedung apartemen atau perkantoran lantai atas.

Meski masih bersifat konsep, tetapi nama Airbus sudah bukan pemain baru di dunia aviasi. Sedangkan, Italdesign Giugiaro merupakan rumah desain yang telah menghasilkan berbagai karya mobil-mobil ternama di dunia, antara lain Maserati MC12 di 2004, generasi pertama Volkswagen Golf (1974), Scirocco (1974), Passat (1973), dan Audi 80 (1974).

Jadi, kalau di masa depan mobil ini jadi kenyataan, jangan terlalu kaget! Simak video presentasi dari Airbus berikut ini:

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autoblog


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com