Scania Perluas Operasi Industri di Thailand

Kompas.com - 07/02/2017, 14:15 WIB
Bus Scania. ScaniaBus Scania.
|
EditorAgung Kurniawan

Bangkok, KompasOtomotif – Produsen kendaraan komersial, terutama pembuat sasis truk dan bus asal Swedia, Scania, bakal memperluas bisnisnya di Thailand. Negara ini diklaim menjadi pasar penting untuk pasar Asia.

Di Indonesia Scania juga sudah memiliki fasilitas perakitan sendiri, yang pegang oleh PT United Tractors Pandu Engineering (UTE) anak usaha dari PT United Tractors Tbk, sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Scania di Indonesia.

Mengutip Automotiveworld, Selasa (7/2/2017) fasilitas perakitan baru untuk produksi sasis truk dan bus akan didirikan di Bangkok Metropolitan Region. Fasilitas ini juga akan menjadi tempat untuk urusan logistik dan pembelian, serta penelitian dan pengembangan.

Scania menggelontorkan investasi mencapai 21,2 juta euro atau Rp 302,6 miliar, di mana pengoperasiannya dijadwalkan akan dimulai 2018. Selain itu, kantor pusat regional juga akan dibangun di Thailand, untuk mendukung distributor Scania di Asia dan Oceania.

"Pembangunan baru ini membawa Scania lebih dekat dengan pelanggan di Asia pada umumnya dan di Thailand pada khususnya. Kehadiran kita di Thailand akan dapat dengan cepat merespons tuntutan pelanggan, dan memastikan bahwa kami memberikan solusi transportasi terbaik," kata Ted Göransson, Direktur Proyek Scania di Thailand.

Pembangunan fasilitas baru ini merupakan bentuk strategi jangka panjang Scania untuk Thailand. Merek asal Swedia itu juga mengumumkan layanan jaringan Scania yang akan diperluas, dari yang hanya 10 menjadi 18 workshop di 2019.

Untuk pasar Indonesia, selain digunakan untuk Bus Transjakarta (masih completely built up/CBU), Scania juga digunakan untuk bus umum Antar KotaAntar Provinsi (AKAP) (rakit lokal). Fasilitas perakitan Scania di Indonesia diklaim sudah sesuai dengan standar global Scania, sehingga produk yang dihasilkan memiliki kualitas sama seperti unit CBU. Perakitan ini memiliki kapasitas produksi terpasang 300 unit per tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.