Abaikan Trump, Toyota “Bersyukur” Ada Mike Pence

Kompas.com - 24/01/2017, 07:22 WIB
Logo Toyota PaultanLogo Toyota
|
EditorAgung Kurniawan

Tokyo, KompasOtomotif – Setelah bungkam, pasca ancaman yang dilontarkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, bos Toyota Motor Corporation, Akio Toyoda akhirnya mengeluarkan penyataan, dirinya "bersyukur dan mendukung", kalau Trump memiliki Mike Pence sebagai wakil presiden.

Mengutip Nikkei, Senin (23/1/2017), Toyoda memuji kalau Pence dianggap seseorang yang mengerti, apa yang dilakukan Toyota, bahkan mendengarkannya. “Pence juga memahami bahwa Toyota adalah perusahaan yang dicintai di tempatnya beroperasi, dan saya senang dengan kehadiran Pence ini," ujar Toyoda.

Mike Pence merupakan Mantan Gubernur Indiana, di mana Toyota membangun pabriknya. Bahkan, sebelum pelantikan, Toyoda sempat mengadakan pertemuan dengan Pence.

Baca juga : Giliran Toyota Diancam Donald Trump

"Seorang pembuat mobil atau pemerintah, tidak bisa membuat wilayah mereka bahagia seorang diri, tapi kita berdua harus bekerja sama dan berperan baik di bidangnya masing-masing,” ucap Toyoda.

Produsen mobil Jepang tersebut, mengumumkan pada awal Januari, bakal menginvestasikan 10 miliar dolar Amerika, selama lima tahun ke depan, untuk memproduksi model baru dan meningkatkan produktivitas.

Ini juga jadi jawaban atas kritik Trump di media sosial atas rencana Toyota, di mana bakal berinvestasi di Meksiko sebanyak 1 miliar dolar tahun 2019.

"Toyota Motor mengatakan akan membangun pabrik baru di Baja, Meksiko, membangun mobil Corolla untuk Amerika, NO WAY! Membangun pabrik di Amerika atau membayar pajak perbatasan besar," tulis Trump di akun twitter-nya pada awal Januari lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.