Kompas.com - 06/01/2017, 13:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Washington, KompasOtomotif – Setelah merek lokal seperti Ford dan General Motors yang mendapat ancaman, kali ini giliran merek Jepang, Toyota. Pernyataanya sama, jika nekat membangun model mobil yang banyak dijual untuk pasar Amerika di Meksiko, maka bakal dikenakan tarif pajak perbatasan yang tinggi.

Mengutip The Guardian, Jumat (6/1/2017) ancaman tersebut dilontarkan oleh Presiden Donald Trump di akun twitternya. Sejak kampanye, Trump memang berjanji untuk menghidupkan kembali manufaktur, yang terus bermigrasi ke negara-negara dengan tenaga kerja murah, selama beberapa dekade terakhir.

Baca juga : Donald Trum Ancam General Motor

Ini merupakan ancaman secara langsung pertama Trump kepada merek asing, setelah terpilih menjadi Presiden Amerika. Toyota berencana untuk memproduksi 200.000 model Corolla di pabrik baru Meksiko, dengan investasi mencapai 1 miliar dolar atau Rp 13,3 triliun.

Corolla sendiri merupakan model terlaris kedua di Amerika, setelah saudara senegaranya Honda Civic. Toyota sebenarnya juga akan meningkatkan kapasitas produksinya untuk truk pikap Tacoma di California, tapi itu tidak dipandang Trump.

Baca juga : Dua Kekhawatiran Toyota Terhadap Donald Trump

Jorge Guajardo, Mantan Duta Besar Meksiko untuk China menanggapi komentar yang dikeluarkan Trump. "Jika Anda sengaja merusak perekonomian tetangga Anda untuk membawa perdamaian dan stabilitas ke AS, Anda sedang berada dalam kejutan besar," ujar Guajardo dalam twitternya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.