Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kantong MV Agusta Kering buat Bikin Motor Baru

Kompas.com - 29/12/2016, 17:17 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber morebikes

Varese, KompasOtomotif – Bos MV Agusta Giovanni Castiglioni terang-terangan mengakui kalau perusahaan yang dipimpinnya sedang ”bokek”. Dia bahkan menyatakan bahwa tidak ada uang lagi untuk mengembangkan sepeda motor baru.

Diwawancarai media di Australia, Castiglioni akhirnya memberi petunjuk arah perusahaan ke depan, yakni menaikkan kelas motor telanjang Brutale 800 ke tipe 1200. Dia meyakini bahwa Brutale 1200 akan sangat kuat di pasar moge, dan inilah konsentrasi utama MV Agusta.

”Kami akan memproduksinya dalam volume terbatas, tapi high end, dengan kualitas dan performa tinggi. Menjual sedikit tapi untung, fokus pada kualitas paling atas dan menargetkan pasar super premium,” kata Castiglioni.

Mungkin, inilah langkah sederhana yang bisa dilakukan merek Italia itu setelah melepas 30-40 persen saham mereka ke grup investasi dari Rusia, Black Ocean. Castiglioni menegaskan bahwa restrukturisasi ini berarti mengubah fokus perusahaan.

Saat ini, MV Agusta mengurangi kapasitas produksi, dari 10.000 per tahun jadi cuma 5.000 unit. Ini dilakukan untuk menghemat jam kerja dari 300 ke 190. Pekerja yang berkutat di pusat pengembangan pun dikurangi, dari 70 orang kini hanya tinggal 40.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber morebikes

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com