Mobil Pedesaan Harus Bisa Murni Indonesia

Kompas.com - 21/12/2016, 08:42 WIB
Lomba mobil perdesaan yang diselenggarakan IOI bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian. IstimewaLomba mobil perdesaan yang diselenggarakan IOI bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – 2017 diperkirakan bakal jadi tahun kelahiran mobil perdesaan, yang sudah masuk agenda pemerintah. Bersama dengan Kementerian Perindustrian, Institut Otomotif Indonesia ( IOI) sedang mengembangkan prototipe yang rencananya diperkenalkan 17 Agustus 2017.

Airlangga Hartanto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia pernah mengatakan, mobil perdesaan ini masih akan mengikutsertakan perusahaan otomotif asing, sebagai pendukung pasokan mesin. Sementara selebihnya adalah lokal, dengan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) sampai 90 persen.

Namun, I Made Dana Tangkas, Presiden IOI mengatakan, kalau pihaknya masih berusaha sekuat tenaga untuk bisa membangun mobil perdesaan benar-benar asli Indonesia, tanpa campur tangan perusahaan asing.  Walaupun ke depannya tidak menutup kemungkinan untuk meminta dukungan.

Baca juga : Mobil Perdesaan Indonesia Hanya Rp 60 Jutaan

“Nanti kami coba lihat dan pelajari, kalau memang kami bisa mandiri, kami akan mandiri. Namun kalau tidak bisa, tahap pertama tentunya perlu bantuan dulu, tapi tahap kedua dan ketiga harus mandiri,” ujar Made, Selasa (20/12/2016).

Made melanjutkan, kalau nantinya  kendaraan perdesaan ini, ditujukan untuk membantu kehidupan dan meningkatkan kesejahteraan pada petani, peternak atau masyarakat desa lainnya. Saat ini IOI sedang mengadakan lomba desain mobil perdesaan, yang penilaiannya akan berlangsung pada 3-5 Maret 2017.

Baca juga : IOI Selenggarakan Lomba Desain Mobil Perdesaan

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X