Kompas.com - 01/12/2016, 19:24 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Walau sudah banyak kabar negatif yang beredar, senja di belakang Etios Valco belum benar-benar tertutup. Masih ada asa buat hatchback produksi lokal ini, karena Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mengatakan produksinya tetap berlanjut pada tahun ini.

Baca: Toyota Etios Valco Stop Produksi

Baca: Ternyata Toyota Etios Valco Masih Diproduksi

Etios meluncur di Tanah Air pada Maret 2013. Produksinya dilakukan di pabrik kedua TMMIN di Karawang, Jawa Barat. Menurut data yang dibeberkan pihak TMMIN kepada KompasOtomotif, Kamis (1/12/2016), sepanjang karir Etios sudah diproduksi lebih dari 31.500 unit.

Motorbeam.com Toyota Etios Platinum "facelift" 2016 di India.
Pada masa awal, Etios sempat sukses memperkuat pasar Toyota di segmen hatchback mendampingi Yaris. Angka produksi terbesar Etios pun tercatat terjadi pada tahun pertama, yakni 12.800 unit.

Seiring waktu, model dengan mesin 1.2L ini yang hanya tersedia varian transmisi manual ini tidak menemukan performa terbaiknya. Rekaman jumlah produksinya mulai merendah pada 2014, menjadi sekitar 10.000 unit.

Kelesuan semakin jadi pada 2015, produksi Etios hanya mencapai 5.600 unit. Jumlah ini menyesuaikan hasil wholesales Etios yang terekam 5.137 unit pada tahun yang sama.

Tanpa varian otomatis dan facelift yang tidak kunjung datang, Etios seakan tidak punya kesempatan buat menyegarkan pasarnya. Pihak TMMIN pada awal tahun ini sudah menyatakan rencana produksi Etios menurun menjadi 4.400 unit.

Baca: Etios Valco Belum Berakhir Tahun Ini

Terpampang pada data, sepanjang Januari – Oktober jumlah produksinya mencapai 3.100 unit.

Produksi Etios oleh TMMIN hanya untuk penjualan domestik. Selain di Indonesia, Etios juga diproduksi di India dan Brasil. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.