Kompas.com - 01/12/2016, 06:57 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Sudah sejak Desember 2015 lalu kabar Etios Valco berhenti diproduksi mulai bergulir, dan akhirnya kali ini pihak Toyota berkata jujur. Mulai November 2016 ini, rival Honda Brio ini tutup buku.

Ini seperti yang dibocorkan Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager Marketing TAM, Rabu (30/11/2016), saat peluncuran Toyota Transmover. Ketika ditanyakan apakah ini karena performa penjualannya yang buruk, Soerjopranoto menampiknya.

“Etios Valco kami akan diberhentikan produksinya, per bulan November ini, jadi sudah tidak dibuat lagi. Tidak drop penjualannya, hanya saja kami ingin lebih efektif dengan produk yang kami miliki,” ujar Soerjopranoto.

Baca juga : Toyota “Stop” Etios Valco di Indonesia?

Terkait dengan stoknya, Soerjopranoto menuturkan, kalau Etios Valco sudah habis di diler.  Jadi tahun depan konsumen yang menginginkan model sub-kompak segmen A milik Toyota ini, sudah tidak akan ada lagi.

“Terkait dengan model pengantinya tunggu saja, akan ada mobil baru, bisa dari produk yang ada lalu kami ubah, bisa juga model baru. Tapi tentunya pasti ada,” kata Soerjopranoto.

Baca juga : Toyota Enggan Bersuara Soal Penjualan Etios

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bemotor Indonesia (Gaikindo), pasokan Etios Valco kembali dikurangi dibulan Oktober di angka 129 unit, padahal di bulan September masih sebesar 292 unit.  Satu segmen dengan Etios, Honda Brio masih menjadi yang terlaris dengan pencapaian di bulan Oktober 2016 berjumlah 1.188 unit.

Ghulam/KompasOtomotif Etios Valco Januari-Oktober 2016.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.