Ternyata Toyota Etios Valco Masih Diproduksi

Kompas.com - 01/12/2016, 15:47 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Pernyataan pihak Toyota Astra Motor (TAM) terkait berhentinya produksi Etios Valco di Indonesia telah diralat. Pihak Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pihak yang merakit lokal hatchback ini menyampaikan produksi hatchback itu tetap bergulir sampai akhir tahun ini.

Baca:Toyota Etios Valco Stop Produksi!

Pada Rabu (30/11/2016), Executive General Manager Marketing TAM Fransiscus Soerjopranoto menyampaikan Etios bakal berhenti diproduksi pada November. Kondisinya saat ini diler Toyota hanya akan tinggal menghabiskan stok, TAM sudah menyiapkan penggantinya.

Dikonfirmasi soal produksi Etios, Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan tidak benar jika produksinya dihentikan. “Enggak, masih diproduksi. Ini serius, masih diproduksi sampai tahun ini,” kata Warih via telepon kepada KompasOtomotif, Kamis (1/12/2016).

Sejak akhir tahun lalu, hembusan kabar produksi Etios akan berakhir memang sudah merebak. Penjualan yang terus melandai diyakini jadi alasan terbesarnya. Indikasi lain Etios sudah mendapat penyegaran di India, tapi belum sampai ke Indonesia. 

Meski begitu Warih memastikan produksinya akan berlanjut sampai tahun depan.

Varian Sedan

Ditanyakan ke Soerjopranoto tentang pernyataan TMMIN, dia membenarkan dan menjelaskan ada kesalahpahaman. "TMMIN yang benar bahwa tahun ini masih lanjut. Untuk taksi, Etios taksi yang sudah stop produksi,” katanya setelah dihubungi sesudah Warih.

Sejak diproduksi pada 2013, produksi Etios di Indonesia telah mencapai sekitar 31.500 unit. Model yang diproduksi di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat ini hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.