Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Toyota Etios Valco Masih Diproduksi

Kompas.com - 01/12/2016, 15:47 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Pernyataan pihak Toyota Astra Motor (TAM) terkait berhentinya produksi Etios Valco di Indonesia telah diralat. Pihak Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai pihak yang merakit lokal hatchback ini menyampaikan produksi hatchback itu tetap bergulir sampai akhir tahun ini.

Baca:Toyota Etios Valco Stop Produksi!

Pada Rabu (30/11/2016), Executive General Manager Marketing TAM Fransiscus Soerjopranoto menyampaikan Etios bakal berhenti diproduksi pada November. Kondisinya saat ini diler Toyota hanya akan tinggal menghabiskan stok, TAM sudah menyiapkan penggantinya.

Dikonfirmasi soal produksi Etios, Wakil Presiden Direktur TMMIN Warih Andang Tjahjono mengatakan tidak benar jika produksinya dihentikan. “Enggak, masih diproduksi. Ini serius, masih diproduksi sampai tahun ini,” kata Warih via telepon kepada KompasOtomotif, Kamis (1/12/2016).

Sejak akhir tahun lalu, hembusan kabar produksi Etios akan berakhir memang sudah merebak. Penjualan yang terus melandai diyakini jadi alasan terbesarnya. Indikasi lain Etios sudah mendapat penyegaran di India, tapi belum sampai ke Indonesia. 

Meski begitu Warih memastikan produksinya akan berlanjut sampai tahun depan.

Varian Sedan

Ditanyakan ke Soerjopranoto tentang pernyataan TMMIN, dia membenarkan dan menjelaskan ada kesalahpahaman. "TMMIN yang benar bahwa tahun ini masih lanjut. Untuk taksi, Etios taksi yang sudah stop produksi,” katanya setelah dihubungi sesudah Warih.

Sejak diproduksi pada 2013, produksi Etios di Indonesia telah mencapai sekitar 31.500 unit. Model yang diproduksi di pabrik TMMIN di Karawang, Jawa Barat ini hanya untuk memenuhi kebutuhan domestik. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com