Benar Mitsubishi Pasok "MPV Sejuta Umat" untuk Nissan?

Kompas.com - 28/10/2016, 08:02 WIB
Mitsubishi XM Concept di GIIAS 2016. KompasOtomotif-Donny AprilianandaMitsubishi XM Concept di GIIAS 2016.
|
EditorAgung Kurniawan

Kudus, KompasOtomotif - Buah dari kerja sama Nissan Motor dengan Mitsubishi Motors, yaitu mengarah ke mobil ramah lingkungan dan kendaran multi guna (Multi Purpose Vehicle/MPV) untuk pasar Asia Tenggara.

Bahkan, disebutkan kalau produk tersebut hasil produksi Mitsubishi di Indonesia, tahun depan dengan kesepakatan original equipment manufacturer (OEM). Lantas, bagaimana tanggapan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi di Tanah Air?

Hisashi Ishimaki, Presiden Direktur PT KTB pun mengakui adanya pernyataan tersebut. Sebab, pekan lalu sudah diumumkan secara resmi di Tokyo, Jepang.

Baca juga: Carlos Ghosn Mulai Pimpin Mitsubishi

"Tetapi sejauh ini belum ada perjanjian lebih lanjut lagi terkait hal itu (MMC dengan Nissan Motor)," ucap Ishimaki  usai peresmian diler mobil penumpang Mitsubishi di Kudus, Jawa Tengah, Kamis (27/10/2016).

Dia menjelaskan, mungkin di Jepang sudah ada kesepakatan lain. Sebab, semua itu merupakan ranah masing-masing prinsipal, sehingga dirinya tidak punya kapasitas lebih untuk menjelaskan hal tersebut.

"Saya tidak mengikuti diskusi atau perjanjian ketika itu. Jadi silahkan mengecek di siaran resmi yang sudah diterbitkan oleh masing-masing merek," ujar pria asal Jepang itu.

Baca juga: Jangan Kaget kalau Nissan Punya "MPV Sejuta Umat"

Kemitraan keduanya, mengutip Nikkei, Minggu (23/10/2016) punya tujuan untuk memanfaatkan skala ekonomi dalam pengadaan dan produksi. Langkah ini sudah jelas bisa memangkas biaya dan mempertajam permainan kedua merek itu dalam persaingan keras di industri otomotif dunia.

Mitsubishi sendiri di Indonesia sudah siap memproduksi "MPV sejuta umat" tahun depan. Sekarang, unitnya sedang diuji di Jepang, sebelum mulai dirakit akhir 2017 di Greenland International Industrial Centel (GICC), Deltamas, Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.