Menguji Seberapa Irit Honda Brio Satya

Kompas.com - 04/10/2016, 17:02 WIB
Honda Brio Satya CVT, city car yang irit bahan bakar. KompasOtomotif-Donny AprilianandaHonda Brio Satya CVT, city car yang irit bahan bakar.
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – Sebagai mobil murah (LCGC) yang mendapat subsidi dari pemerintah karena banyak konten lokal dan irit bahan bakar, sudah selayaknya konsumsi bensin Honda New Brio Satya menjadi bahan pertimbangan.

Kalau pun tak masuk skema LCGC, city car seperti Brio Satya sudah sewajarnya tak banyak minum. Mesin i-VTEC Honda sudah teruji tak merongrong soal bensin, apalagi yang digendong kali ini berkapasitas 1.200 cc.

KompasOtomotif menganalisa konsumen bahan bakar melihat angka yang ditunjukkan multi information display (MID). Rute penjelajahan hanya meliputi daerah Jakarta dan sekitarnya, dan mobil diisi tiga hingga empat orang.

MID di-restart hingga rata-rata konsumsi bahan bakar netral kembali. Selanjutnya, pengujian dilakukan layaknya pengguna pada umumnya. Selalu menggunakan AC dengan suhu sekitar 20 derajat celcius dan sesekali tidak mengikuti metode eco driving untuk mencapai tujuan lebih cepat.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Konsumsi bahan bakar Honda Brio Satya dari MID.
Kondisi lalu lintas pada akhir pekan di Jakarta sangat padat, ini bisa menjadi salah satu tolok ukur seberapa irit Brio Satya dipakai stop and go. Oh iya, bensin yang ditenggak punya angka RON 92, seperti patokan minimal LCGC.

Setelah berjalan lebih dari 300 km, rata-rata konsumsi bahan bakar pada MID menunjukkan 14,2 kpl. Angka ini cukup normal dan tergolong irit, mengingat beberapa kondisi lalu lintas dan beban muatan yang cukup penuh, termasuk bagasi.

Ingat pula bahwa unit yang dipakai KompasOtomotif adalah tipe CVT. Pasti akan jauh lebih irit jika menggunakan tipe transmisi manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Memang, MID kadang tidak akurat dalam pengukuran. Anggaplah toleransi akurasi sebesar 10 persen, berarti konsumsi bahan bakar masih berada di 12,5-13 kpl, sudah cukup irit untuk kondisi pemakaian dalam kota.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.