Kompas.com - 22/09/2016, 16:31 WIB
|
EditorAgung Kurniawan

Penang, KompasOtomotif – Divisi sepeda motor Suzuki di Malaysia benar-benar tak bisa keluar dari lubang jarum. Setelah mengumumkan menutup pabriknya di Prai, Penang, pada pertengahan Agustus 2016 lalu, Suzuki Malaysia dilaporkan mulai melelang seluruh aset pabrik yang beroperasi sejak 1971 itu.

Dilansir mekanika.com.my (20/9/2016), kabar sedih itu datang setelah berbagai peralatan mulai dikumpulkan dan dikemas. Hal ini menyusul pengesahan 100 persen penutupan pabrik yang dilakukan divisi motor Suzuki di Malaysia, akhir Agustus.

Dari foto-foto yang ditayangkan, peralatan seperti pemutar baut, ratusan perangkat kunci pas, mesin bubut, kompresor udara, mesin las, sampai berbagai rak siap dilepas. Bahkan semua peralatan itu sudah didaftarkan untuk ikut lelang sejak awal September 2016.

mekanika.com.my Berbagai perabotan pabrik pun harus dikosongkan.
Suzuki Malaysia akan mulai fokus untuk mengimpor motor dari Jepang dan negara Asia lainnya akibat melemahnya permintaan dari konsumen lokal.

Catatan New Strait Times, Suzuki hanya mampu memproduksi sebanyak 8.000 unit motor pada 2016, atau hanya setengah dari produksi 2013 silam. Secara matematis, skema produksi tidak menguntungkan untuk saat ini.

Beberapa model kondang Suzuki pernah diproduksi di fasilitas pabrik Malaysia dan dikirim ke pasar Indonesia. Misalnya, FXR dan Satria 120R 2-tak versi lampu hiu, atau RG-R 150.

Harapan penggemar otomotif Tanah Air tentu tak ingin Suzuki di Indonesia ikutan KO. Meski penjualan stagnan dan hanya mampu menggondol market share 1-2 persen, Suzuki motor di Indonesia sudah berkali-kali mencoba bangkit. Bahkan belakangan disinyalir siap meluncurkan sport fairing 150 cc. Semangat Suzuki Indonesia!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mekanika
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.