Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelan-pelan, Motor ”Supercharge” Suzuki Terkuak

Kompas.com - 16/09/2016, 08:22 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber morebikes

London, KompasOtomotif – Juli 2016 lalu, rencana Suzuki menghadirkan motor dengan teknologi supercharge bocor ke dunia maya. Lalu belakangan, kabar itu makin punya bukti kuat setelah gambar-gambar pematenan produk juga muncul.

Dari sana, diketahui bahwa Suzuki akan menggunakan teknologi supercharge untuk dua model sekaligus. Disinyalir, GSX-R750 dan generasi baru GSX-R1000.

Sebelumnya, teknologi seperti ini dibidik Suzuki untuk dipasangkan pada model-model khusus macam Recursion 600 cc atau Hayabusa 1.400 cc. Namun, ternyata GSX Series yang akan menerima duluan.

Dari gambar pematenan produk, mesin motor tertutup fairing, dan posisi supercharger serta lubang intake khusus dijelaskan detail dalam gambar yang khusus menonjolkan mesin.

morebikes.co.uk Suzuki GSX-R1000 dengan tampang yang mirip Hayabusa, tapi versi ramping.
Dilihat dari sisi kanan, jelas bahwa GSX-R750 akan menerima intake khusus di hidung fairing. Ini membuat aliran udara bisa masuk lebih besar untuk mendukung teknologi supercharge.

Gambar lain, dari sisi kanan, ada GSX-R1000. Desain  justru mirip Hayabusa yang diperkecil, ditandai dari buntut khas. Namun, body dibuat lebih sporty dengan banyak lekukan tajam.

Menariknya, pada GSX-R1000, Suzuki membuat pipa knalpot menjadi dua, seperti yang pernah dilakukan pada 2007 hingga 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber morebikes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com