Toyota “Recall” Empat Model di Indonesia

Kompas.com - 19/07/2016, 06:31 WIB
Toyota Yaris produksi 2008, masuk dalam daftar recall. ToyotaToyota Yaris produksi 2008, masuk dalam daftar recall.
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif – PT Toyota Astra Motor (TAM) menggulirkan kampanye perbaikan massal (recall) terhadap empat model andalannya di Indonesia. Aksi ini dibungkus dalam program khusus, berjuluk Special Service Campaign (SSC) diluncurkan di Sunter, Jakarta Utara, Senin (18/7/2016).

Terdapat empat model yang diduga bermasalah pada komponen kantong udaranya (airbag) yang dipasok oleh Takata, produsen airbag terbesar di Jepang. Recall ini Jumlahnya juga tidak main-main, mencapai 40.280 unit yang sudah terjual di seluruh Indonesia. Aksi ini juga sudah dilakukan Honda, jauh lebih cepat, yakni pada Februari 2016, karena masalah serupa.

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM menjelaskan, mobil yang bermasalah, adalah Camry, Corolla, Vios, dan Yaris. Tahun produksinya dari 2001 hingga 2008.

Aditya Maulana - Otomania TAM mengumumkan telah melakukan recall pada empat model yakni Camry, Corolla, Vios dan Yaris.

"Dalam kampanye ini kami tidak hanya sekedar mengundang pelanggan untuk memastikan mobilnya dalam kondisi prima, tetapi poin utama kami berusaha untuk memantau secara berkelanjutan kondisi mobil dan memberikan kenyamanan pengguna," ujar Henry di Sunter, Jakarta Utara, Senin (18/7/2016).

Langkah ini, lanjut, Henry merupakan instruksi dari prinsipal (Toyota Motor Corporation/TMC) yang meminta seluruh distributor untuk melakukan progam SSC. Aktivitas ini dilakukan begitu TAM mendapatkan informasi tersebut pada awal 2016.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Waktu Perbaikan

Sementara itu, General Manager Technical Service PT TAM Dadi Hendriadi menambahkan, perbaikan inflator tersebut hanya memakan waktu 2,5 jam dan konsumen tidak dikenakan biaya sama sekali.

"Jadi diharapkan seluruh konsumen bisa menghubungi diler terdekat untuk sgera mengatur jadwal melakukan perbaikan," kata Dadi di tempat sama.

Aditya Maulana - Otomania Daftar model yang kena recall airbag inflator

Menurut Dadi, bagi pemilik yang mobilnya sudah pernah pindah tangan tidak bermasalah. Jika airbag inflator tersebut memiliki masalah maka tetap diganti. "Jadi silahkan cek dulu, kalau bermasalah kita tetap menggantinya sampai semuanya selesai," ucap Dadi.

Konsumen yang merasa memiliki mobil tersebut bisa segera melakukan pengecekan apakah harus diperbaiki atau tidak. Bisa dilakukan dengan dua cara, yakni melalui customer care dengan nomor telepon 1-500-315 atau mengunjungi situs www.toyota.astra.co.id.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.