AS Tolak “Recall” Mesin Diesel Volkswagen

Kompas.com - 15/07/2016, 07:32 WIB
|
EditorAzwar Ferdian

California, KompasOtomotif — Rencana recall Volkswagen pada kendaraan bermesin diesel V6 3.0L yang dilengkapi perangkat ilegal untuk mengecoh uji emisi ditolak salah satu negara bagian Amerika Serikat (AS), California. Penolakan proposal Volkswagen dilakukan oleh agensi pengawas lingkungan, California Air Resources Board (CARB).

Alasannya, prosedur yang diajukan Volkswagen dikatakan tidak memadai dan data yang diberikan gagal menunjukkan perbaikan bisa benar-benar bekerja. Selain itu, ternyata pengerjaannya tidak bisa langsung dilakukan karena Volkswagen mengatakan butuh mengumpulkan data hingga Desember nanti.

Volkswagen rencananya ingin memperbaiki 16.000 unit bermesin 3.0L merek Volkswagen, Audi, dan Porsche. Mesin yang bermasalah itu didesain oleh Audi.

“Pengajuan VW dan Audi tidak lengkap, memiliki kekurangan substansial, dan jauh dari memenuhi syarat legal untuk mengembalikan kendaraan ini sesuai sertifikasi yang sudah diklaim,” tulis CARB dalam keterangan resminya, seperti diberitakan Reuters, Kamis (14/7/2016).

Dampak dari kegagalan ini bisa mengarahkan VW pada akhirnya "dipaksa" membeli kembali kendaraan yang bermasalah. Sebelumnya, Volkswagen sudah setuju mengeluarkan dana 10 miliar dollar AS (Rp 130,8 triliun) untuk membeli 475.000 unit bermesin diesel 2.0L TDI.

Bukan cuma begitu, perusahaan Jerman itu juga harus mengeluarkan dana 5 miliar dollar AS (Rp 65,4 triliun) lagi buat menyelesaikan seluruh urusan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.