Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMI Ajak Anak SD Mengenal Lalu Lintas

Kompas.com - 11/04/2016, 15:29 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Bukan hanya mengurusi masalah pebalap dan komunitas saja, kali ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) merangkul para anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar. Berlokasi di booth IMI Hall C Indonesia International Motor Show (IIMS), para peserta diedukasi untuk juga bisa aman di jalan, salah satunya bagaimana cara menyeberang.

Jeffery JP, Sekjen Pengurus Pusat IMI mengatakan, setiap hari anak-anak pergi ke sekolah , namun tidak semuanya sampai. Sebagian dari mereka kerap jadi korban kecelakaan lalu lintas, terutama ketika menyeberang jalan.

“Kondisi yang menimpa anak-anak ini, terjadi bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia. Ini juga merupakan program ‘A Safe Road to School’ yang dicanangkan Federation Internationale De L’Automobile (FIA), dan serentak dilakukan di seluruh dunia,” ujar Jeffry.

Yanto Herlambang, Koordinator Task Force Road Safety IMI menambahkan, tidak hanya itu, kampanye juga meliputi pembuatan zona area sekolah, agar pengguna jalan lebih berhati-hati . Serta mengajak pemerintah untuk meningkatkan perlindungan terhadap pejalan kaki, khususnya anak-anak kecil yang bersekolah.

“Mengapa anak sekolah dasar, ini agar mereka sudah mengenal aturan lalu lintas sejak dini, dan ini akan menyelamatkan nyama mereka. Karena mengubah sikap cukup sulit kalau tidak dilakukan sejak masih anak-anak,” ujar Yanto kepada KompasOtomotif.

Evi Gusti, Penanggung Jawab acara Road Safety for Children di IIMS 2016 mengatakan, setidaknya ada lima sekolah yang akan mengikuti kegiatan ini. Acaranya akan berlangsung lima hari mulai Senin (11/4/2016) sampai Sabtu (16/4/2016), kecuali hari Rabu (13/4/2016).

"Kami bekerja sama dengan IMI untuk program ini. Sekolah yang akan ikut di antaranya Al Fath Cirende Ciputat, SD Kartika Jakarta Pusat, SD Cakra Buana Depok, SD MIN 6 Cijantung, dan Al Azhar Pusat," ujar Evi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com