Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Klaim 5 Bintang, Renault Diprotes Global NCAP

Kompas.com - 22/02/2016, 07:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

London, KompasOtomotif – Global New Car Assessment Programme (NCAP) menegur Renault, atas iklan Megane III yang beredar di Amerika Latin. Iklan tersebut dianggap tidak sesuai, pasalnya Renault menyantumkan label rating 5 bintang dari EURO NCAP.

Teguran itu tidak bisa dianggap sepele, pasalnya salah paham ini diungkapkan sendiri oleh Secretary General Global NCAP David Ward melalui surat yang ditujukan untuk Chairman dan CEO Renault Carlos Ghosn.

Dalam surat itu seperti tertera dalam keterangan resmi Global NCAP pada pekan lalu, Ward mengatakan rating EURO NCAP seharusnya tidak digunakan di kawasan Amerika Latin sebab kawasan ini sudah memiliki lembaga independen uji tabrak sendiri yakni Latin NCAP.

Spesifikasi mobil yang dijual di masing-masing kawasan berbeda tergantung kebutuhan pasar, sebab itu kualitasnya tidak bisa senantiasa disamakan. Megane III belum diuji Latin NCAP jadi tidak bisa dipastikan tingkat keselamatannya sesuai rating 5 bintang milik EURO NCAP.

Global NCAP beranggapan cara Renault seperti ini bakal membingungkan konsumen sekaligus tidak adil dalam kompetisi, terutama buat merek lain yang sudah sah mendapatkan rating lima bintang dari Latin NCAP.

Atas kejadian ini Global NCAP menuntut Renault merespons dengan tiga respone. Pertama, berhenti menayangkan iklan yang berkaitan di Amerika Latin, kedua meminta maaf kepada EURO NCAP atas penyalahgunaan label, dan ketiga, mengajukan Megane III spesifikasi Amerika Latin untuk diuji Latin NCAP agar mendapatkan hasil yang akurat.

Kejadian seperti ini mengingatkan buat para pabrikan, jangan sampai salah memberikan informasi kepada konsumen. Selain itu membuat para manufaktur belajar menghormati lembaga independen keselamatan berkendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com